SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 9 Jam 6 Menit 23 Detik

Cara Mudah Coding Pakai ChatGPT, Sudah Coba?

Belajar Data Science di Rumah 10-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-09-2023-07-10-205830_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, sadarkah kalian bahwa saat ini ada salah satu keahlian yang perlu dimiliki untuk dapat menyeimbangkan perkembangan teknologi masa kini. Hal tersebut adalah kemampuan dalam coding. Coding merupakan suatu kegiatan pengolahan kode dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Proses coding ini bisa dilakukan melalui beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan ChatGPT. Lalu bagaimanakah cara menggunakan ChatGPT untuk coding?


Istilah artificial intelligence (AI) bukanlah hal asing di era digital seperti ini. Salah satu penerapan teknologi AI yang saat ini sedang viral dibicarakan adalah ChatGPT. ChatGPT ini berupa chatbot yang dapat melakukan percakapan dengan pengguna seperti menjawab pertanyaan, melaksanakan permintaan, mengarahkan tutorial dan masih banyak lainnya. Bahkan pengguna juga dapat menanyakan hal yang tidak diketahui melalui ChatGPT ini loh/ Suatu hal yang menarik bukan?


1. Manfaat Coding

Keahlian dalam coding atau menuliskan kode tertentu adalah suatu nilai plus yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan masa kini. Coding tentunya berkaitan dengan bahasa pemrograman. Beberapa bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk coding antara lain seperti PHP, Python, Javascript, C++, R, Swift, dan lainnya. Coding diketahui memiliki berbagai manfaat seperti untuk memulai berkarir dalam bidang IT, untuk membuat website atau aplikasi, untuk melatih ketelitian, dan untuk mengembangkan cara berpikir dan problem solving.

ChatGPT


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Apa Itu ChatGPT

ChatGPT belakangan ini menjadi salah satu perbincangan yang cukup viral dalam dunia teknologi. Jika kamu pernah mengunjungi website adakalanya muncul chatbot yang membuat kita dapat berinteraksi dengan mengajukan pertanyaan tertentu. ChatGPT ini dikembangkan oleh OpenAI, yaitu sebuah perusahaan yang berfokus mengembangkan teknologi artificial intelligence. ChatGPT memiliki kegunaan yang kurang lebih demikian. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan di ChatGPT dan ChatGPT akan memberikan jawaban yang terstruktur. 

ChatGPT


3. Cara Coding menggunakan ChatGPT

Tahukah kalian bahwa ChatGPT tidak hanya bisa digunakan untuk sesi tanya jawab saja loh, ChatGPT juga bisa digunakan untuk berbagai hal seperti coding. Jika kalian masih bingung cara menggunakan coding menggunakan ChatGPT, kalian juga bisa bertanya terlebih dahulu kepada ChatGPT loh. Seperti contoh yang ditampilkan di gambar berikut ini

ChatGPT

Pada contoh di atas adalah cara coding menggunakan ChatGPT dengan bahasa pemrograman python. Untuk lebih lanjutnya kalian bisa coba sendiri dengan mengunjungi chat.openai.com.


4. Kelebihan Menggunakan ChatGPT

Menggunakan ChatGPT saat ini menjadi salah satu pilihan yang bisa digunakan untuk memudahkan pengguna. Ketika kita bingung akan melakukan sesuatu namun tidak tahu caranya, kita dapat menanyakan prosedurnya melalui ChatGPT. Bahkan jika kita ingin membuat puisi pun ChatGPT dapat membantunya. Chat GPT diketahui memiliki beberapa kelebihan seperti menyerupai hasil kerja manusia, menghemat waktu, mudah digunakan, dan memiliki database yang cukup besar.

ChatGPT


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


Penggunaan ChatGPT saat ini sudah mulai banyak menarik perhatian banyak orang. Salah satu teknologi berbasis artificial intelligence ini memiliki banyak kelebihan dan dapat menjadi salah satu opsi untuk bisa digunakan dalam berbagai hal.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with Excel sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login