TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 30 Menit 4 Detik

Cara Pakai AI ChatGPT untuk Mahir Matplotlib Python

Belajar Data Science di Rumah 28-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-09-2023-11-28-132000_x_Thumbnail800.jpg

Kehadiran ChatGPT sebagai inovasi artificial intelligence tentunya memberikan kemudahan dalam berbagai aktivitas. Begitu juga untuk mempelajari suatu materi yang baru. Bagi kalian para pemula di bidang data, tentu kesulitan jika harus menguasai semua library yang ada di Python dengan sendirinya. Jangan khawatir, ChatGPT bisa kalian manfaatkan untuk memudahkan proses belajar.


Tools yang memanfaatkan artificial intelligence ini akan memberikan panduan code Python yang bisa kalian modifikasi sesuai kondisi data yang kalian punya. Bagaimana cara kerjanya? Nah dalam artikel ini kita akan belajar bersama bagaimana menggunakan ChatGPT untuk mahir Matplotlib Python, library untuk memvisualisasikan data. Yuk, langsung simak caranya!


1. Apa itu Matplotlib Python?

Artificial Intelligence

Matplotlib merupakan salah satu library utama dalam ekosistem Python yang digunakan untuk visualisasi data. Matplotlib mendukung berbagai jenis plot, termasuk grafik garis, batang, lingkaran, dan scatter plot. Kalian juga dapat dengan mudah mengkonfigurasi berbagai aspek visual, seperti warna, label sumbu, judul, dan gaya plot lainnya.


Selain itu, Matplotlib dapat diintegrasikan dengan library lain seperti NumPy untuk mempermudah manipulasi data sebelum diplot. Dengan kemampuannya yang luas, Matplotlib membantu kalian dalam mengkomunikasikan pola, tren, dan insight dalam data melalui representasi visual yang jelas dan efektif.


Dalam praktiknya, penggunaan Matplotlib dimulai dengan memasukkan data yang akan divisualisasikan, seperti daftar nilai x dan y. Setelah itu, fungsi-fungsi Matplotlib dapat digunakan untuk membuat, mengatur, dan menampilkan plot sesuai kebutuhan.


Contoh penggunaan sederhana mencakup pembuatan plot garis dengan memanggil fungsi plot() dan penambahan label serta judul dengan menggunakan fungsi xlabel(), ylabel(), dan title(). 


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Manfaat Paham Matplotlib Python

Pemahaman terhadap Matplotlib Python memberikan sejumlah manfaat di antaranya yaitu:

  • Memungkinkan pembuatan berbagai jenis plot, seperti grafik garis, batang, lingkaran, dan scatter plot.

  • Dapat dengan cepat menggambarkan pola, tren, dan distribusi data, membuatnya lebih mudah untuk memahami karakteristik dataset.

  • Memungkinkan analisis data yang mendalam melalui representasi visual.

  • Mempermudah identifikasi anomali atau pola yang mungkin sulit dikenali melalui data mentah.

  • Memudahkan penyajian hasil analisis data kepada pemangku kepentingan non-teknis melalui representasi visual yang jelas.

  • Bekerja dengan baik bersama NumPy, mempermudah manipulasi dan pengolahan data sebelum divisualisasikan.

  • Dapat diintegrasikan dengan pustaka lain seperti Seaborn untuk meningkatkan keindahan dan informativitas visualisasi.


3. Beberapa Jenis Data Visualisasi

Artificial Intelligence

Matplotlib mendukung berbagai jenis data visualisasi, dan setiap jenis grafik atau diagram memiliki kegunaan dan tujuan tertentu. Misalnya, line plot merepresentasikan hubungan antara dua variabel secara berkesinambungan. Tujuannya untuk menggambarkan tren, perubahan, atau pola sepanjang suatu rentang nilai. 


Ada juga diagram batang yang menunjukkan perbandingan atau distribusi kategori diskrit. Tujuannya membandingkan jumlah atau frekuensi antara kategori yang berbeda. Contoh lainnya adalah diagram lingkaran yang menunjukkan proporsi relatif dari suatu whole terhadap bagian-bagiannya. 


Ada pula box plot yang menunjukkan distribusi statistik deskriptif seperti median, kuartil, dan pencilan. Melalui berbagai jenis visualisasi ini, Matplotlib memberikan fleksibilitas untuk menjelaskan dan menyajikan informasi dengan cara yang paling sesuai dengan karakteristik data.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Cara Pakai ChatGPT untuk Belajar Matplotlib

Untuk mahir menggunakan Matplotlib, kalian bisa memanfaatkan ChatGPT. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuat prompt yang paling sesuai dengan kondisi data. Misalkan kalian memiliki data penjualan dari berbagai produk.


Tanyakan ke ChatGPT grafik apa yang sesuai dan bagaimana memvisualisasikannya menggunakan Matplotlib. Berikut contoh prompt tersebut.

Artificial Intelligence


Dalam sekejap, ChatGPT akan menjelaskan grafik yang sesuai dan code Python untuk Matplotlib seperti berikut ini.

Artificial Intelligence


Mari kita coba tanya ke ChatGPT untuk contoh data visualisasinya. Berikut contoh prompt yang bisa kalian coba.

Artificial Intelligence


ChatGPT akan secara detail menjelaskan bagaimana skenario dan contoh penggunaan Matplotlib sesuai prompt tersebut.

Artificial Intelligence


Kalian juga bisa menggunakan prompt lainnya untuk belajar library Python lainnya yang lebih kompleks. Yuk, eksplorasi lebih jauh lagi penggunaan ChatGPT bersama DQLab. Modul ajar di platform ini dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri.


Jadi, tidak terbatas seperti contoh di atas, nih. DQLab juga mengintegrasikan modul dan ChatGPT, sehingga:

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dan persiapkan diri untuk mahir membuat code dan menjadi praktisi data yang andal! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya




Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :