3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 14 Menit 48 Detik

Cara Praktis Buat CV Data Scientist dengan AI ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-09-2023-12-14-132044_x_Thumbnail800.jpg

Dalam persaingan kerja yang semakin ketat seperti sekarang, penting untuk memiliki CV berkualitas agar menarik perhatian recruiter. Terlebih pada bidang data yang kebutuhannya di berbagai industri juga semakin banyak. Untuk mempersiapkan CV ini, kalian bisa menggunakan AI ChatGPT. Selain praktis, hasilnya juga cukup bagus. Kalian hanya perlu memperbaiki bagian yang tidak sesuai dengan prompt yang lebih spesifik.


Bagaimana produk AI satu ini bisa memberikan contoh CV data scientist yang bagus? Kali ini kita akan ulas lebih dalam beberapa prompt yang bisa kalian gunakan dalam membuat CV data scientist. Dari merumuskan ringkasan profesional hingga menggambarkan proyek-proyek analisis data yang relevan. Udah gak sabar? Yuk langsung cek caranya di sini!


1. Prospek Karir Data Scientist

Prospek karir bagi seorang data scientist terus menjanjikan seiring dengan perkembangan pesat teknologi dan ketersediaan data. Dalam era digital ini, perusahaan semakin menyadari pentingnya analisis data untuk mengambil keputusan bisnis. Data scientist memiliki peran penting dalam menggali insight dari volume data yang besar, mengidentifikasi tren, dan merumuskan strategi berdasarkan temuan tersebut.


Keterampilan analisis statistik, machine learning, dan pemahaman mendalam terhadap domain industri merupakan aset utama yang membuat data scientist menjadi profesi yang sangat dicari di berbagai sektor, mulai dari teknologi informasi hingga keuangan dan kesehatan.


Perusahaan-perusahaan besar dan start-up teknologi terus memperluas tim data science mereka, sehingga menciptakan peluang karir yang melimpah bagi individu yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai.


Nah, dengan adanya fakta tersebut maka tidak heran jika kini banyak yang memutuskan untuk beralih sebagai praktisi data. Kalian juga salah satunya? Untuk bisa menunjukkan kemampuan kalian kepada recruiter, pasti diperlukan ringkasan bukti konkret yang umumnya tercantum pada CV. Penting untuk membuat CV data scientist kalian terlihat menarik agar peluang untuk mendapatkan profesi impian juga semakin besar.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Aspek Penting dalam CV Data Scientist

Dalam menyusun CV seorang data scientist, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan untuk menunjukkan kemampuan dan pengalaman yang relevan. Pertama, bagian "Ringkasan Profesional" atau "Profil" dapat mencakup pernyataan singkat yang fokus pada keahlian dan pencapaian kalian. Bagian ini memberikan gambaran cepat kepada perekrut tentang kemampuan analitis, keterampilan pemrograman, dan proyek-proyek signifikan yang telah diambil.


Kemudian, bagian "Pendidikan" harus mencakup informasi tentang gelar akademis, institusi pendidikan, dan tahun kelulusan. Terlebih jika ada kursus atau proyek yang relevan dengan data science selama studi, akan menjadi nilai tambah. Bagian "Keterampilan" sebaiknya mencakup bahasa pemrograman seperti Python atau R, keterampilan analisis statistik, machine learning, pengolahan big data, dan keahlian dengan alat-alat seperti TensorFlow atau scikit-learn.


Selain itu, bagian "Pengalaman Kerja" harus merinci proyek-proyek data science sebelumnya, beserta tanggung jawab dan pencapaian kalian. Fokuskan pada cara kalian mengolah data, menerapkan model machine learning, dan menyajikan hasil dengan metode yang dapat dimengerti oleh pihak non-teknis. Cantumkan juga angka atau metrik kuantitatif jika memungkinkan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kontribusi kalian selama mengerjakan proyek tersebut. 


3. Cara Membuat CV Data Scientist dengan ChatGPT

Untuk bisa membuat CV yang menarik, kalian dapat menggunakan ChatGPT loh. Pertama, masukkan prompt spesifik sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, simak prompt di bawah ini.

Artificial Intelligence


Secara langsung, ChatGPT akan membantu kalian dengan memberikan contoh CV data scientist sesuai prompt yang tertulis.

Artificial Intelligence


Jika diperhatikan, ChatGPT menggunakan data manipulasi, maka kalian perlu menggantinya dengan identitas kalian sendiri. Kalian juga bisa meminta ChatGPT untuk menyusun kalimat yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah cara kalian menyusun prompt supaya bisa dipahami dan output yang dihasilkan benar.


Sebagai contoh, kalian ingin mengubah ringkasan karena contoh yang diberikan ChatGPT memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun sehingga kurang relevan bagi kalian yang belum memiliki pengalaman. Misalnya mengganti dengan pengalaman magang di berbagai industri sehingga mampu memahami berbagai proses bisnis dan masalah yang ada dalam setiap industri tersebut.

Artificial Intelligence


ChatGPT pun akan mengubah bagian ringkasan profesional sesuai prompt yang sudah kalian berikan. Dengan ini, SahabatDQ lebih mudah untuk membuat CV semenarik mungkin.

Artificial Intelligence


Sebagai produk AI, ChatGPT ternyata dapat digunakan untuk mempermudah setiap kebutuhan. Apakah hanya untuk membuat CV? Tentu tidak! Bahkan kalian bisa menggunakannya untuk belajar data lebih lanjut dan belajar coding Python lebih dalam.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Yuk, eksplorasi ChatGPT untuk kebutuhan belajar tentang data bersama DQLab. Kenapa harus DQLab? Sebagai platform belajar online terbaik, modul ajarnya dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan ChatGPT, sehingga:

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dan persiapkan diri untuk menjadi praktisi data yang andal! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :