Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Coding Python: Hitung Luas Lingkaran dengan AI ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 26-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-09-2024-01-26-193225_x_Thumbnail800.jpg

Kehadiran Artificial Intelligence sangat memudahkan penggunanya dalam menekuni berbagai aktivitas. Salah satunya dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Ketika dahulu di sekolah, kita diajarkan berbagai rumus bangun datar. Mulai dari lingkaran, persegi, persegi panjang, segitiga, trapesium, hingga jajar genjang. Namun, dengan adanya Artificial Intelligence (AI), proses pembelajaran rumus-rumus tersebut dapat menjadi lebih interaktif dan inovatif.


AI dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi pembelajaran yang menyajikan konsep-konsep matematika dengan cara yang lebih menarik. Contohnya, ketika belajar mengenai rumus luas lingkaran, kita tidak hanya perlu memahami rumus secara teoritis, tetapi juga dapat melibatkan interaksi langsung dengan AI untuk menghitung luas lingkaran dengan nilai jari-jari yang berbeda-beda.


Nah, kali ini, kita akan membahas tentang cara menghitung luas lingkaran dengan Python menggunakan ChatGPT. Penasaran seperti apa caranya? Simak yuk!

 

1. Rumus Luas Lingkaran

Lingkaran adalah bentuk geometris sederhana yang seringkali muncul dalam banyak aspek matematika dan ilmu komputer. Salah satu parameter kunci dari lingkaran adalah luasnya. Luas lingkaran dapat dihitung dengan menggunakan rumus sederhana. Kamu bisa menggunakan rumus berikut ini:

Artificial Intelligence

Di mana:

  • π (pi) adalah konstanta matematika yang mendekati 3.14159.

  • r adalah jari-jari lingkaran.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Implementasi pada Python

Berikut adalah contoh kode Python sederhana untuk menghitung luas lingkaran:

Artificial Intelligence

Dalam kode diatas diperoleh keterangan bahwa:

  • Modul math diimpor untuk mengakses konstanta 

  • Fungsi hitung_luas_lingkaran mengambil jari-jari sebagai parameter dan mengembalikan luas lingkaran.

  • Pengguna diminta untuk memasukkan panjang jari-jari lingkaran.

  • Hasilnya kemudian ditampilkan dengan dua angka desimal menggunakan f-string.


3. Contoh Kasus Menghitung Luas Lingkaran

Mari kita lihat contoh kasus sederhana di mana kita perlu menghitung luas lingkaran. Anggaplah kita sedang bekerja pada proyek pembuatan perkebunan kota, dan kita perlu mengetahui luas dari beberapa lingkaran yang akan diatur di dalamnya. Misalnya, kita ingin mengetahui berapa luas dari kolam ikan yang berbentuk lingkaran yang akan kita bangun di taman kota. Untuk menghitung berapa luasannya, mudah saja.


Kamu tinggal mengikuti kode sebagai berikut:

Artificial Intelligence

Dalam contoh ini:

  • Panjang jari-jari kolam ikan diberikan sebagai 5.5 meter.

  • Fungsi hitung_luas_lingkaran digunakan untuk menghitung luas lingkaran dengan jari-jari yang diberikan.

  • Hasilnya kemudian ditampilkan dalam satuan meter persegi.


Output yang dihasilkan oleh kode tersebut akan memberikan informasi tentang luas dari kolam ikan berbentuk lingkaran tersebut. Informasi ini dapat berguna dalam perencanaan dan pengelolaan taman kota atau proyek perkebunan.


4. Contoh Penggunaan

Biar lebih paham, mari kita berikan contoh lain. Anggap kita sebuah lingkaran dengan jari-jarinya 5. Berapakah luas lingkarannya? Mudah saja, kamu tinggal ikuti cara-cara diatas. Berikut adalah hasilnya:

Artificial Intelligence


Dengan menggunakan kode ini, kita dapat dengan mudah menghitung luas lingkaran dengan memberikan nilai jari-jari tertentu. Hal ini mempermudah perhitungan matematika dalam konteks pengembangan perangkat lunak atau proyek ilmiah yang melibatkan lingkaran.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Proses coding adalah salah satu hal yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh calon praktisi data. Dasar-dasar coding dengan menggunakan bahasa pemrograman dapat dipelajari di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner. 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :