Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Coding SQL Insert Into Melalui AI ChatGPT, Yuk Coba!

Belajar Data Science di Rumah 01-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-09-2024-03-02-081837_x_Thumbnail800.jpg

SQL memiliki berbagai macam sintaks yang dapat membantu mempermudah pekerjaan praktisi data. Salah satu contohnya yaitu SQL Insert Into. SQL Insert Into merupakan sintaks yang digunakan untuk memasukkan data baru ke dalam sebuah tabel dalam database. Dengan menggunakan perintah SQL INSERT INTO, seorang praktisi data dapat menambahkan baris baru ke dalam tabel yang telah ditentukan, serta menentukan nilai-nilai yang sesuai untuk setiap kolom dalam baris tersebut. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan operasi penambahan data dengan mudah dan efisien dalam basis data, yang merupakan salah satu fitur penting dalam manajemen data. 


Selain itu, SQL INSERT INTO juga mendukung penggunaan subqueries, sehingga memungkinkan untuk memasukkan data yang berasal dari hasil query lainnya ke dalam tabel yang dituju. Dengan demikian, SQL INSERT INTO memberikan fleksibilitas yang besar dalam memanipulasi data dalam basis data menggunakan perintah SQL.


Jika kamu ingin belajar coding SQL, tak perlu khawatir! Di era AI seperti sekarang, kamu bisa meminta referensi dengan bantuan ChatGPT untuk mengetikkan perintah tertentu guna mengeluarkan output dari AI ini yang berupa coding. Kali ini, kita akan belajar bersama tentang penggunaan SQL INSERT INTO khusus untuk AI. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Sintaks Umum SQL INSERT INTO

SQL Insert Into digunakan untuk menambahkan data baru ke dalam tabel database. Sintaksnya umumnya adalah:

Artificial Intelligence

Di mana nama_tabel adalah nama tabel yang ingin ditambahkan datanya, kolom1, kolom2, dll. adalah nama-nama kolom di dalam tabel, dan nilai1, nilai2, dll. adalah nilai-nilai yang ingin dimasukkan ke dalam tabel tersebut.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Contoh SQL INSERT INTO

Misalkan kita memiliki tabel "pelanggan" dengan kolom-kolom "id_pelanggan", "nama", dan "umur", dan kita ingin menambahkan data pelanggan baru ke dalam tabel ini. Berikut adalah contoh penggunaan SQL INSERT INTO:

Artificial Intelligence

Dalam contoh di atas, kita menyatakan bahwa kita ingin memasukkan data baru ke dalam tabel "pelanggan". Kita memberikan nilai untuk setiap kolom yang sesuai dengan data yang ingin kita masukkan. Dalam hal ini, kita memberikan nilai 1 untuk "id_pelanggan", 'John Doe' untuk "nama", dan 30 untuk "umur".


Dengan perintah di atas, kita telah berhasil menambahkan data pelanggan baru ke dalam tabel "pelanggan".


3. Memasukkan Data Hanya Spesifik Kolom

Misalkan kita memiliki tabel "barang" dengan kolom-kolom "id_barang", "nama_barang", "harga", dan "stok", dan kita ingin menambahkan data barang baru ke dalam tabel ini hanya untuk kolom "nama_barang" dan "harga". Berikut adalah contoh penggunaan SQL INSERT INTO dengan menyebutkan kolom-kolom tertentu:

Artificial Intelligence

Dalam contoh di atas, kita menyatakan bahwa kita ingin memasukkan data baru ke dalam tabel "barang". Kita hanya memberikan nilai untuk kolom-kolom yang ingin diisi, yaitu "nama_barang" dan "harga". Kita memberikan nilai 'Laptop ASUS' untuk kolom "nama_barang" dan 12000000 untuk kolom "harga".


Dengan perintah di atas, kita telah berhasil menambahkan data barang baru ke dalam tabel "barang" hanya dengan menyebutkan kolom-kolom tertentu.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Memasukkan Beberapa Baris dalam Satu Sintaks

Misalkan kita masih menggunakan tabel "pelanggan" dengan kolom-kolom "id_pelanggan", "nama", dan "umur", dan kita ingin menambahkan beberapa data pelanggan baru sekaligus. Berikut adalah contoh penggunaan SQL INSERT INTO untuk memasukkan beberapa baris data sekaligus:

Artificial Intelligence

Dalam contoh di atas, kita menggunakan satu perintah INSERT INTO untuk memasukkan tiga baris data sekaligus ke dalam tabel "pelanggan". Setiap baris data yang akan dimasukkan dituliskan di dalam VALUES dan dipisahkan oleh koma. Kita menyediakan nilai untuk setiap kolom yang sesuai dengan data yang ingin dimasukkan. Dengan perintah di atas, kita telah berhasil menambahkan tiga data pelanggan baru ke dalam tabel "pelanggan" sekaligus


Proses coding adalah salah satu hal yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh calon praktisi data. Dasar-dasar coding dengan menggunakan bahasa pemrograman dapat dipelajari di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan. Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner. 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login