2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 15 Menit 44 Detik

Contoh AI yang Memudahkan Aktivitas Keseharian

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-07-2024-05-08-210515_x_Thumbnail800.jpg

Penerapan artificial intelligence di kehidupan sehari-hari tidak selalu dalam teknologi besar dan kompleks. Sebagai contoh, mobile banking yang kalian gunakan untuk bertransaksi adalah salah satu bentuk yang bisa ditemukan. Nah, kali ini kita akan ulas bersama-sama contoh-contoh AI lainnya yang memudahkan aktivitas keseharian penggunanya. Mulai dari aspek finansial hingga mencari informasi. Yuk, cari tahu lebih lanjut pada pembahasan berikut!


1. Mobile Banking

Mobile banking merupakan salah satu contoh AI yang memudahkan aktivitas keseharian dengan mengintegrasikan teknologi keuangan dan kecerdasan buatan ke dalam perangkat seluler. Melalui aplikasi mobile banking, pengguna dapat mengakses rekening bank, melakukan transfer dana, membayar tagihan, dan bahkan mengelola investasi dengan mudah dan cepat tanpa harus berkunjung ke bank secara fisik.


Dengan adopsi teknologi kecerdasan buatan, mobile banking dapat menyediakan layanan yang lebih personal dan intuitif, seperti rekomendasi keuangan berdasarkan pola pengeluaran atau pengelolaan risiko yang lebih efektif. Selain itu, mobile banking juga memberikan keuntungan dalam hal aksesibilitas dan kenyamanan. Dengan adanya aplikasi mobile banking, pengguna dapat mengakses layanan perbankan kapan saja dan di mana saja dengan hanya menggunakan perangkat seluler.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Search Engine

Search engine, seperti Google, Bing, atau Yahoo, merupakan salah satu contoh AI yang memudahkan aktivitas keseharian dengan memberikan akses cepat dan efisien ke informasi di internet. Dengan menggunakan algoritma pencarian yang didukung oleh kecerdasan buatan, search engine dapat menyaring jutaan halaman web dalam hitungan detik dan menampilkan hasil yang paling relevan dengan pertanyaan atau kata kunci yang dimasukkan.


Selain itu, search engine juga memberikan berbagai fitur tambahan yang memperkaya pengalaman pencarian. Misalnya, kalian dapat menemukan jawaban langsung terkait pertanyaan yang ditujukan tanpa harus mengklik link tambahan, melihat cuplikan dari halaman web yang terindeks, atau menggunakan filter dan pengaturan untuk menyempurnakan hasil pencarian sesuai dengan preferensi. Hal ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga meningkatkan kualitas hasil pencarian dengan menyediakan informasi yang paling relevan dan berguna.


3. Marketplace

Dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan, marketplace mampu memberikan pengalaman belanja yang personal dan efisien. Misalnya, sistem rekomendasi produk menggunakan algoritma AI untuk menganalisis riwayat belanja dan menyarankan produk yang sesuai dengan preferensi dan minat pelanggan. Jadi, kalian bisa menemukan barang yang dibutuhkan dengan lebih cepat dan akurat, tanpa harus menelusuri seluruh katalog produk.


Selain itu, marketplace juga menyediakan berbagai fitur tambahan yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan belanja online. Pelanggan dapat dengan mudah membandingkan harga, mengevaluasi ulasan produk dari pembeli sebelumnya, dan menggunakan fitur keamanan transaksi. Dengan adanya marketplace, kalian dapat melakukan belanja dari rumah sendiri tanpa harus menghadiri toko fisik, menghemat waktu dan tenaga.


4. Chatbot

Chatbot adalah salah satu contoh AI yang membantu aktivitas keseharian dengan menyediakan layanan komunikasi yang otomatis dan responsif. Chatbot dapat ditemukan dalam berbagai platform, mulai dari situs web bisnis hingga aplikasi pesan antar. Dengan menggunakan teknologi NLP, chatbot dapat memahami bahasa manusia dan memberikan respon yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Selain itu, chatbot juga meningkatkan efisiensi dalam pelayanan pelanggan dan dukungan teknis. Teknologi ini dapat memberikan bantuan segera bagi pengguna yang memerlukan informasi atau bantuan, tanpa harus menunggu antrian untuk berbicara dengan customer service. Dengan mengimplementasikan chatbot, perusahaan dapat meningkatkan responsivitas terhadap permintaan pelanggan, mengurangi waktu tunggu, dan mengoptimalkan karyawan untuk tugas-tugas yang lebih kompleks.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Yuk, eksplorasi lebih jauh lagi contoh penggunaan AI bersama DQLab. Modul ajar di platform ini dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Jadi, tidak terbatas seperti contoh di atas, nih. DQLab juga mengintegrasikan modul dan ChatGPT , sehingga:

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail rumus yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan rumus yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada rumus

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login