PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 6 Jam 51 Menit 47 Detik

Contoh Prompt Code ChatGPT untuk Sintaks Deklaratif

Belajar Data Science di Rumah 16-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-09-2023-11-16-152507_x_Thumbnail800.jpg

Penulisan sintaks deklaratif adalah cara untuk mengekspresikan apa yang ingin dicapai dalam suatu program atau operasi, tanpa perlu secara eksplisit menentukan langkah-langkah atau cara mencapainya. Dalam penulisan sintaks deklaratif, fokus utamanya adalah pada deskripsi tujuan atau hasil yang diinginkan.


Penulisan sintaks deklaratif dapat membuat kode lebih mudah dipahami, lebih bersifat terkait bisnis, dan lebih terpisah antara apa yang ingin dicapai dan cara untuk mencapainya. Ini adalah konsep yang penting dalam pengembangan perangkat lunak dan pemrosesan data yang rumit.


Contoh yang paling umum dari penulisan sintaks deklaratif adalah bahasa pemrograman SQL (Structured Query Language) yang digunakan untuk mengakses dan mengelola data dalam basis data. Dalam SQL, kamu dapat menggambarkan apa yang ingin dituliskan dari basis data, seperti mengambil data dari tabel atau menggabungkan data dari beberapa tabel, tanpa perlu menjelaskan cara basis data harus melakukannya. 


Jika kamu adalah seorang pemula yang ingin belajar coding, tenang! Kita akan berikan contoh penulisan sintaks deklaratif dari yang sederhana menggunakan AI. Dalam artikel ini, kita akan berikan beberapa referensi sintaks sebagai gambaran menggunakan bantuan AI. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Sintaks SQL

SQL adalah bahasa deklaratif yang digunakan untuk mengakses dan mengelola basis data. Anda hanya mendeskripsikan apa yang ingin Anda ambil atau lakukan, dan sistem basis data mencari cara untuk melakukannya. Misalnya:

ChatGPT


Dalam SQL, Anda mendeskripsikan bahwa Anda ingin mengambil nama dan usia pelanggan yang tinggal di Jakarta.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Sintaks CSS 

CSS digunakan untuk menggambarkan tampilan dan gaya halaman web. Ini adalah bahasa deklaratif yang digunakan untuk mendefinisikan bagaimana elemen-elemen HTML harus ditampilkan. Misalnya:

ChatGPT



Dalam CSS, Anda mendeskripsikan bahwa Anda ingin mengubah warna teks (color) dalam elemen h1 menjadi biru dan mengatur ukuran font (font-size) menjadi 24px.


3. Prolog

Prolog adalah bahasa pemrograman deklaratif yang digunakan untuk pemrograman logika. Anda mendeskripsikan hubungan antara berbagai fakta dan aturan, dan sistem Prolog mencari solusi berdasarkan deskripsi tersebut. Misalnya:

ChatGPT


Dalam Prolog, Anda mendeskripsikan hubungan bahwa Tom adalah saudara Lisa, dan Lisa adalah saudara John.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. XPath

XPath adalah bahasa deklaratif yang digunakan untuk mengekstrak informasi dari dokumen XML. Anda mendeskripsikan elemen atau jalur yang ingin Anda ambil dari dokumen XML, dan XPath akan mencarinya. Misalnya:

ChatGPT


Dalam XPath, Anda mendeskripsikan bahwa Anda ingin mengambil judul (title) dari semua buku yang memiliki penulis J.K. Rowling dalam dokumen XML.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login