SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 57 Menit 29 Detik

Definisi AI Chat GPT yang Memiliki Beragam Manfaat

Belajar Data Science di Rumah 27-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-09-2024-05-28-211611_x_Thumbnail800.jpg

Apakah kalian pernah melihat di film atau tayangan tertentu terkait robot yang menyerupai manusia dan bisa membantu kegiatan manusia? Ya, hal itu merupakan salah satu bentuk penerapan dari artificial intelligence. Beberapa contoh penerapannya antara lain seperti adanya virtual assistant, chatbot, machine learning, internet banking atau m banking, adanya marketplace, rekomendasi produk, dan chat gpt. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui terkait artificial intelligence, cha gpt serta cara menggunakan chat gpt. 


Artificial intelligence (AI) adalah sesuatu hal yang perlu dipelajari dalam era teknologi seperti sekarang ini. Artificial intelligence memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah memiliki kemampuan untuk memproses data dengan cepat dan akurat sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan. Artificial intelligence ini memiliki beberapa cabang serta contoh penerapan yang seringkali kita jumpai dalam keseharian. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak bersama-sama!


1. Artificial Intelligence

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan kini telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan baik keperluan pribadi maupun umum. Artificial intelligence ini memiliki beberapa cabang ilmu, yaitu:

  • AI tradisional

  • machine learning, mesin yang dilatih agar dapat belajar sendiri

  • deep learning, menggunakan algoritma berlapis untuk keperluan memahami data

  • natural language processing (NLP), mengajarkan sistem untuk memahami bahasa manusia

  • computer vision, memungkinkan komputer untuk mengetahui dan menganalisis benda di sekitarnya

  • robotics, ilmu yang mempelajari pemrograman perangkat elektronik agar melakukan tugas manusia secara otomatis



Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Contoh AI

Pada bagian sebelumnya kita telah mengenali apa itu artificial intelligence serta beberapa cabang ilmu yang dimilikinya. Contoh atau penerapan dari artificial intelligence telah banyak dimanfaatkan untuk banyak keperluan maupun kepentingan, salah satunya adalah penggunaan chat gpt. Beberapa contoh artificial intelligence antara lain seperti virtual assistant, aplikasi streaming, GPS, search engine, media sosial, keyboard virtual, dan lainnya.

Artificial Intelligence

sumber: Adamas University


3. Chat GPT 

Chat GPT adalah suatu bentuk kecanggihan teknologi artificial intelligence yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan. secara singkat chat gpt sama halnya dengan chatbot. Berbagai manfaat chat gpt antara lain bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa, memberikan rekomendasi, menjawab pertanyaan, meningkatkan produktivitas, tempat belajar secara otodidak, membantu dalam berbagai bidang, dan masih banyak lainnya.


4. Cara Menggunakan Chat GPT

Setelah mengetahui beberapa serba-serbi dari Chat GPT, mungkin sebagian besar dari kita penasaran bagaimana cara menggunakan Chat GPT, berikut ini cara mudah menggunakan Chat GPT:

  • mengunjungi situs Open AI dengan tautan chat.openai.com

  • memverifikasi akun dengan menggunakan nomor telepon

  • menyetujui syarat dan ketentuan

  • masukkan pertanyaan yang ingin ditanyakan dalam Chat GPT.

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Artificial intelligence adalah suatu bentuk kecanggihan teknologi yang perlu dipelajari oleh kalian yang ingin menyeimbangkan diri dengan kemajuan teknologi. Salah satu cabang dari artificial intelligence yaitu machine learning yang bisa dipelajari di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login