PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 6 Jam 53 Menit 43 Detik

Fitur AI ChatGPT dalam Pembelajaran di DQLab

Belajar Data Science di Rumah 17-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-09-1-2023-07-19-233702_x_Thumbnail800.jpg

ChatGPT adalah teknologi yang kerap dibicarakan beberapa waktu terakhir. Teknologi yang disebut-sebut bisa meringankan pekerjaan manusia merupakan bagian dari Artificial Intelligence. Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini memang membuat banyak hal yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya bisa menjadi kenyataan. Siapa yang pernah membayangkan jika akan ada saatnya kita bisa berkomunikasi langsung dengan komputer layaknya komunikasi dengan manusia?


ChatGPT mulai diterapkan dalam lembaga kursus untuk mempermudah proses belajar peserta didiknya, misalnya saja di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang dikhususkan untuk pembelajaran mengenai ilmu Data Science. Adanya ChatGPT dalam proses pembelajaran di DQLab tentu saja akan memberikan kemudahan bagi para siswa nya. Tapi apa saja sih kemudahan tersebut? Yuk, simak artikel berikut karena kita akan membahas berbagai kemudahan tersebut!


1. Bantuan Langsung dalam Coding

ChatGPT

Fitur utama dari ChatGPT di DQLab adalah kemampuannya untuk memberikan bantuan langsung dalam coding. Saat kita menghadapi tantangan atau kesulitan dalam menulis kode, maka kita dapat mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan dari ChatGPT. Kita bisa mulai dengan menanyakan tentang sintaks, logika kode, atau cara mengatasi masalah tertentu. ChatGPT akan berusaha memberikan jawaban dan panduan yang berguna untuk membantu kita dalam menyelesaikan tugas atau memahami konsep coding.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Konsultasi dan Diskusi

ChatGPT

Selain memberikan bantuan langsung, ChatGPT di DQLab juga memungkinkan kita untuk melakukan konsultasi dan diskusi seputar coding. Kita bisa bertanya tentang konsep-konsep coding yang kompleks, meminta saran untuk meningkatkan kode yang ada, atau bahkan berdiskusi tentang pendekatan terbaik dalam menyelesaikan masalah coding tertentu. Dengan adanya fitur ini, kita bisa memanfaatkan keahlian ChatGPT dan mendapatkan insight baru dari perspektif yang berbeda.


3. Pembelajaran Interaktif dan Personalisasi

ChatGPT

Fitur ChatGPT di DQLab memungkinkan pembelajaran interaktif dan personalisasi. Hal ini karena kita dapat berinteraksi dengan ChatGPT secara realtime dan mendapatkan respons yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemajuan kita. Sehingga proses pembelajaran ini akan membantu kita untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang konsep dan meningkatkan keterampilan coding melalui bimbingan yang lebih personal.


4. Saran Optimalisasi dan Peningkatan Kode

ChatGPT

Fitur ChatGPT di DQLab juga bisa memberikan saran tentang bagaimana mengoptimalkan atau meningkatkan kode yang kita miliki. Selain itu, kita juga bisa meminta bantuan dari ChatGPT untuk memberikan implementasi desain yang lebih baik, atau mengatasi masalah performa. Misalnya, kita ingin meningkatkan waktu eksekusi kode, kita bisa langsung meminta ChatGPT untuk memberikan saran tentang cara melakukan optimisasi.


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


Dengan demikian, kemitraan antara DQLab dan Chat GPT dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, memberikan dukungan personal, dan meningkatkan pengalaman belajar bagi pengguna DQLab dalam mempelajari bidang data dan teknologi.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login