3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 31 Menit 37 Detik

Fitur Ask AI DQLab: Belajar Error Jadi Makin Asyik

Belajar Data Science di Rumah 03-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-09-2024-01-02-181958_x_Thumbnail800.jpg

Belajar coding sekarang ini sudah menjadi kebutuhan primer apabila ingin menekuni dunia data dengan lebih serius. Pasalnya, coding adalah modal awal yang perlu kamu asah agar karir di dunia datamu bisa panjang. Tidak heran apabila sekarang banyak sekali kursus data yang menyajikan metode pembelajaran interaktif baik secara daring maupun tatap muka.


Salah satu metode yang bisa kamu coba untuk belajar coding jadi lebih menyenangkan adalah metode Ask AI Chatbot. Metode ini sangat ramah sekali bagi pemula yang baru pertama kali belajar coding karena kamu akan dituntun menggunakan AI yang bisa menjawab keresahan kamu ketika belajar.


Metode Ask AI Chatbot menjadikan belajar coding lebih menyenangkan dengan memberikan pengalaman interaktif dan mendidik. Pemula yang baru terjun ke dunia coding sering menghadapi tantangan besar, dan kehadiran AI Chatbot membuka pintu peluang untuk pertanyaan dan pemahaman yang lebih baik. Ketika menghadapi kesulitan atau kesalahan dalam coding, AI Chatbot dapat membantu dalam pemecahan masalah secara real-time.


Hal ini mempercepat proses pembelajaran dan membantu kamu mengatasi kendala-kendala kecil yang mungkin muncul. Beruntungnya di DQLab sudah ada fitur Ask AI Chatbot ini untuk mendukung belajar coding kamu no error-error lagi. Simak yuk penjelasannya sahabat DQLab!


1. Belajar Coding pada Awalnya Tidak Selalu Mulus

Belajar coding pada awalnya memang tidak selalu mulus. Pastinya akan ada satu kali, dua kali, bahkan error berkali-kali. Mengutip ungkapan "practice makes perfect" membuat pemula diminta untuk belajar terus sekaligus praktik agar terbiasa untuk berdamai dengan error. Kesalahan atau error adalah bagian alami dari proses belajar coding, dan seringkali merupakan peluang untuk mendapatkan wawasan lebih dalam tentang cara kerja bahasa pemrograman atau konsep-konsep tertentu.


Mengatasi error dengan sabar dan tekun adalah kunci untuk mengembangkan keterampilan pemrograman. Seiring berjalannya waktu, pemahaman tentang jenis-jenis error dan cara memperbaikinya akan meningkat, dan pemula akan menjadi lebih terampil dalam mengidentifikasi serta mengatasi masalah-masalah tersebut. Proses ini juga membantu dalam membangun kepercayaan diri, karena pemrogram akan merasa lebih percaya diri setiap kali berhasil menyelesaikan masalah atau mengatasi error.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Mendapatkan Penjelasan Tentang Mengapa Codingnya Error

Fitur Ask AI Chatbot juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang mengapa coding yang sudah kamu ketikkan mengandung error. Dengan bertanya kepada chatbot, kamu dapat memperoleh insight atau penjelasan yang lebih mendalam terkait kesalahan yang muncul. Chatbot dapat membantu menganalisis sintaksis kode, memberikan informasi tentang kemungkinan penyebab kesalahan, dan memberikan solusi atau panduan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Artificial Intelligence


Selain itu, fitur Ask AI Chatbot juga dapat membimbingmu dalam proses pemecahan masalah (troubleshooting). Kamu dapat mengajukan pertanyaan spesifik tentang bagian tertentu dari kode atau konsep-konsep pemrograman yang mungkin sulit dipahami. Dengan demikian, chatbot tidak hanya memberikan jawaban langsung terhadap error, tetapi juga membantu meningkatkan pemahamanmu tentang prinsip-prinsip dasar pemrograman.


3. Membantu untuk Menjelaskan Maksud Sintaks

Selain itu, fitur Ask AI Chatbot juga digunakan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut soal maksud dari sintaks yang sudah kamu ketikkan. Setiap sintaks dan kode memiliki arti tersendiri untuk masing-masing dioperasikan pada situasi tertentu. Dengan adanya penjelasan tambahan ini, pemula dapat memahami konteks dan fungsi dari setiap perintah yang mereka gunakan, sehingga tidak hanya mengetahui "bagaimana" tetapi juga "mengapa" suatu sintaks atau kode tertentu digunakan.

Artificial Intelligence


Penjelasan dari AI Chatbot dapat membantu memecahkan kebingungan pemula terkait konsep-konsep dasar, aturan penulisan kode, dan logika di balik sintaks-sintaks tertentu. Hal ini membantu pembelajar untuk membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang bahasa pemrograman yang sedang dipelajari.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Memberikan alternatif jawaban yang benar

Fitur Ask AI Chatbot juga memberikan alternatif jawaban yang benar pada setiap baris kode yang sudah diketikkan ketika belajar coding. Nantinya sistem akan merekam sintaks mana yang salah dan akan mengeluarkan alternatif jawaban yang benar memungkinkan pemula untuk memahami kesalahan yang terjadi dan belajar dari mereka.


Dengan fitur ini, Ask AI Chatbot tidak hanya memberikan solusi instan, tetapi juga berfungsi sebagai mentor virtual yang membimbing dalam proses pemahaman sintaks dan konsep pemrograman.

Artificial Intelligence


Alternatif jawaban yang benar pada setiap baris kode memberikan fleksibilitas bagi pembelajar untuk melihat berbagai cara untuk menyelesaikan suatu masalah atau menulis suatu fungsi. Ini membantu dalam memperluas wawasan tentang struktur kode yang valid dan memperkaya pengetahuan sintaks dalam bahasa pemrograman tertentu.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Reyvan Maulid






Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :