SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 11 Menit 13 Detik

Fungsi Database Excel dengan Menggunakan ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 20-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-09-2023-07-20-194737_x_Thumbnail800.jpg

ChatGPT merupakan salah satu produk keluaran Artificial Intelligence yang dapat menghasilkan permintaan dari user baik dalam bentuk pertanyaan dan pernyataan. ChatGPT juga bisa merekomendasikan formula maupun rumus-rumus dasar yang ada di dalam Microsoft Excel sebagai bahan belajar menguasai skill Excel dan analisis data kamu agar menjadi lebih baik lagi. Tidak hanya sebagai pengolah angka, Excel juga menyediakan fungsi khusus untuk pengelolaan database secara default. 


Database sendiri merupakan sekumpulan data yang sudah disusun sedemikian rupa sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Database memudahkan pengguna untuk mengelola dan mengambil informasi yang diperlukan. Ada banyak fungsi database yang bisa dimanfaatkan oleh user untuk melakukan pengelolaan database melalui fungsi Microsoft Excel. Kita akan bahas satu-satu untuk masing-masing fungsi database dalam Excel. Penasaran apa saja? Kita langsung bahas yuk sahabat DQLab melalui postingan ini!


1. Aturan Fungsi Database

Secara umum, berikut adalah sintaks fungsi database Excel yang bisa kamu gunakan:

Artificial Intelligence

Keterangan:

Database: Range data atau rentang sel yang membentuk sebuah daftar atau database tertentu yang akan kita agregasi hasilnya


Field: menunjukkan kolom mana yang akan diagregasi atau digunakan oleh fungsi database ini. Argumen bisa kita isi dengan Label atau nama field, bisa juga diisi dengan angka tertentu yang menunjukkan nomor urut posisi field tersebut pada kolom-kolom database dari arah kiri. Misalnya angka 1 menunjukkan kolom atau field pertama dan angka 2 merupakan filed atau kolom kedua dalam database


Kriteria: Rentang sel atau range data lain yang berisi kriteria atau syarat tertentu yang ditentukan sebagai acuan agregasi dalam fungsi database. Kriteria ini setidaknya memuat 2 baris data dimana baris pertama berisi label data yang sama persis dengan tabel field pada database dan baris-baris berikutnya merupakan acuan kriteria, syarat atau kondisi tertentu yang akan kita terapkan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. DSUM

Fungsi DSUM adalah salah satu fungsi database di Microsoft Excel yang digunakan untuk menjumlahkan nilai dalam satu kolom atau range berdasarkan kriteria tertentu. Fungsi DSUM memungkinkan Anda untuk melakukan penghitungan yang kompleks dan terperinci pada database Excel Anda.


Rumus umum untuk fungsi DSUM adalah sebagai berikut:

Artificial Intelligence


Contoh penggunaan fungsi DSUM:

Misalkan kita memiliki database berikut:

Artificial Intelligence

Dan kita ingin menjumlahkan penjualan dari kota Jakarta. Maka rumus yang dapat digunakan adalah:

Artificial Intelligence

Hasilnya akan menjadi 800, karena penjualan dari kota Jakarta adalah 500+300=800.


3. DMAX

Fungsi DMAX adalah salah satu fungsi database di Microsoft Excel yang digunakan untuk mencari nilai maksimum dalam satu kolom atau range berdasarkan kriteria tertentu. Fungsi DMAX memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian nilai maksimum yang spesifik dalam database Excel.


Rumus umum untuk fungsi DMAX adalah sebagai berikut:

Artificial Intelligence


Contoh penggunaan fungsi DMAX:

Misalkan kita memiliki database berikut:

Artificial Intelligence


Dan kita ingin mencari nilai penjualan maksimum dari kota Jakarta. Maka rumus yang dapat digunakan adalah:

Artificial Intelligence


Hasilnya akan menjadi 500, karena penjualan tertinggi dari kota Jakarta adalah 500.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. DCOUNT

Fungsi DCOUNT adalah salah satu fungsi database di Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi nilai numerik dalam satu kolom atau range berdasarkan kriteria tertentu. Fungsi DCOUNT memungkinkan Anda untuk melakukan penghitungan yang spesifik dan terperinci pada database Excel Anda.


Rumus umum untuk fungsi DCOUNT adalah sebagai berikut:

Artificial Intelligence


Contoh penggunaan fungsi DCOUNT:

Misalkan kita memiliki database berikut:

Artificial Intelligence

Dan kita ingin menghitung jumlah sel yang berisi nilai penjualan (kolom "Penjualan") yang tidak kosong. Maka rumus yang dapat digunakan adalah:


Artificial Intelligence


Hasilnya akan menjadi 4, karena ada 4 nilai penjualan yang tidak kosong dalam kolom "Penjualan".


Untuk merasakan sensasi belajar dengan ChatGPT, kamu mungkin bisa mencoba untuk membeli modul di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login