TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 1 Jam 44 Menit 54 Detik

Gabungkan AI dan Excel: Membuat Rumus dengan ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 12-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-09-2024-01-12-171328_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan basic yang sudah menjadi standar dalam pengolahan data. Namun sayangnya, tidak semua orang terampil menggunakan excel meskipun tools ini sudah banyak digunakan di berbagai industri. Excel memiliki ribuan fitur dan formula yang dapat menjadi human assistant karena dapat membantu berbagai pekerjaan manusia.


Ketika kita berbicara tentang teknologi masa kini, Artificial Intelligence (AI) membuka pintu menuju kemungkinan baru. Salah satu contohnya adalah penggunaan ChatGPT untuk membuat rumus Excel. Apakah kamu tertarik untuk memahami bagaimana kita bisa mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam pekerjaan sehari-hari di Excel?


Artikel ini akan membimbingmu langkah demi langkah, memberikan tutorial rinci tentang cara menggunakan ChatGPT untuk membuat rumus Excel. Mari kita bersama-sama menjelajahi kemungkinan menarik ini!


1. Tutorial Langkah demi Langkah: Menggunakan ChatGPT untuk Excel

Artificial Intelligence

ChatGPT adalah model kecerdasan buatan yang mengerti dan merespons terhadap teks. Tutorial ini akan membawa Anda melalui proses langkah demi langkah untuk memanfaatkan ChatGPT dalam menciptakan rumus Excel yang efektif. Mulailah dengan permintaan sederhana, seperti "Bisakah kamu membuatkan saya rumus penjumlahan?" dan temukan bagaimana ChatGPT merespons dengan rumus yang sesuai.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Permintaan dan Respon yang Kompleks

Selain permintaan sederhana, tutorial ini akan membimbing Anda untuk melakukan perintah yang lebih kompleks. Anda dapat mencoba permintaan seperti "Buatkan saya rumus yang menghitung rata-rata nilai pada kolom tertentu hanya untuk data yang memenuhi kondisi tertentu." ChatGPT akan memberikan respon yang detail, membantu Anda memahami bagaimana menggabungkan logika kondisional dan fungsi Excel dalam rumus yang kompleks.


3. Pemahaman Konteks dan Penyesuaian Rumus

Artificial Intelligence

Satu kelebihan dari menggunakan ChatGPT adalah kemampuannya untuk memahami konteks. Tutorial ini akan menjelaskan cara ChatGPT dapat memahami pertanyaan lanjutan atau modifikasi pada rumus yang telah dibuat. Misalnya, jika Anda meminta keterangan tambahan atau perubahan pada rumus yang telah dibuat, ChatGPT dapat merespons dengan baik.


4. Explorasi Fungsi Excel Lebih Lanjut

Artificial Intelligence

Dalam tutorial ini, kita tidak hanya akan membuat rumus dasar, tetapi juga menjelajahi fungsi Excel yang lebih lanjut. Anda dapat meminta ChatGPT untuk membuat rumus dengan fungsi seperti VLOOKUP, INDEX, atau bahkan menggunakan array formula. Ini akan memberikan Anda wawasan lebih dalam tentang potensi penggunaan Excel yang dapat ditingkatkan oleh kecerdasan buatan.


5. Penyesuaian dan Pembelajaran Lanjutan

Terakhir, tutorial ini akan membahas cara Anda dapat menyesuaikan rumus yang dihasilkan oleh ChatGPT sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Kami juga akan memberikan saran untuk pembelajaran lanjutan, sehingga Anda dapat terus mengasah keterampilan Anda dalam memanfaatkan kecerdasan buatan untuk meningkatkan produktivitas Anda di Excel.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Yuk eksplorasi penggunaan ChatGPT untuk membuat berbagai rumus excel bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :