PROMO 12.12! DISKON 90%
Belajar Data 6 Bulan hanya Rp120K!

0 Hari 0 Jam 8 Menit 43 Detik

Hacks Menggunakan Rumus Excel dengan ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 16-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-09-2023-10-17-112401_x_Thumbnail800.jpg

ChatGPT memiliki segudang cara untuk menghasilkan formula-formula baru dalam Microsoft Excel. Salah satu rumus yang bisa digunakan adalah rumus bilangan bulat. Rumus bilangan bulat dalam Excel memiliki beberapa kegunaan penting dalam analisis data, perhitungan keuangan, dan pekerjaan sehari-hari.


Dalam analisis keuangan, Anda mungkin ingin membulatkan angka ke kelipatan tertentu. Misalnya, dalam perhitungan proyeksi keuangan, Anda mungkin ingin membulatkan angka biaya atau pendapatan ke angka yang lebih realistis dalam konteks bisnis tertentu.


Semisal contoh lagi, rumus bilangan bulat juga bisa digunakan dalam perhitungan statistik yang melibatkan frekuensi atau kategorisasi data. Ini membantu dalam mengelompokkan data dan membuat ringkasan yang lebih mudah dipahami.


Dalam laporan atau grafik, sering kali lebih mudah untuk memahami angka bulat daripada angka dengan desimal. Rumus bilangan bulat membantu memastikan bahwa data yang Anda sajikan lebih mudah dipahami oleh khalayak. Apabila kamu adalah seorang pemula data yang ingin belajar terkait dengan rumus Excel, tidak ada salahnya untuk kamu mengaplikasikan ChatGPT sebagai bantuan dalam mengeksekusi rumus Excel yang kamu inginkan. 


Nah, kali ini kita akan bahas terkait dengan panduan rumus Excel yang bisa kamu aplikasikan. Yuk, simak lebih lanjut penjelasan dibawah ini!


1. Fungsi FLOOR

FLOOR pada Excel digunakan untuk membulatkan angka ke bawah ke kelipatan tertentu. Ini berarti angka akan dibulatkan ke bilangan bulat terdekat yang lebih kecil atau sama dengan angka tersebut. Berikut adalah sintaks umum dari fungsi FLOOR:

Excel


Keterangan:

  • number: Nilai angka yang ingin Anda bulatkan ke bawah.

  • significance: Kelipatan yang Anda inginkan untuk pembulatan ke bawah. Misalnya, jika Anda ingin membulatkan ke kelipatan 5, maka Anda akan menggunakan nilai 5 di sini.


Contoh Penggunaan dari fungsi FLOOR:

Kita memiliki angka 12.345 di sel A1 dan ingin membulatkannya ke kelipatan 5 yang lebih besar atau sama dengan angka tersebut, gunakan rumus ini di sel B1: Pada dasarnya rumus FLOOR ini mirip penggunaannya dengan rumus CEILING sahabat DQ. Berikut adalah hasilnya

Excel


Hasilnya justru memiliki nilai lebih kecil daripada bilangan aslinya sehingga jika dibulatkan hasilnya 10


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Fungsi ROUND

ROUND pada Excel digunakan untuk membulatkan angka ke digit desimal tertentu. Fungsi ini bekerja dengan cara memeriksa digit desimal berikutnya dan memutuskan apakah angka tersebut harus dibulatkan ke atas atau ke bawah. Berikut adalah sintaks umum dari fungsi ROUND:

Excel


Keterangan:

  • number: Nilai angka yang ingin Anda bulatkan.

  • num_digits: Jumlah digit desimal yang ingin Anda hasilkan setelah pembulatan. Jika Anda ingin membulatkan ke bilangan bulat terdekat, atur nilai ini menjadi 0.


Contoh penggunaan dari fungsi ROUND

Kita memiliki angka 12.345 di sel A1 dan ingin membulatkannya menjadi 12.35 (2 digit desimal), gunakan rumus ini di sel B1. Berikut adalah contohnya:

Excel


3. Fungsi CEILING

CEILING pada Excel digunakan untuk membulatkan angka ke atas ke kelipatan tertentu. Misalnya, Anda bisa menggunakan fungsi ini untuk membulatkan angka ke bilangan bulat terdekat yang lebih besar atau sama dengan angka tersebut. Berikut adalah sintaks umum dari fungsi CEILING:

Excel


Keterangan:

  • number: Nilai angka yang ingin Anda bulatkan ke atas.

  • significance: Kelipatan yang Anda inginkan untuk pembulatan ke atas. Misalnya, jika Anda ingin membulatkan ke kelipatan 5, maka Anda akan menggunakan nilai 5 di sini.


Contoh penggunaan dari fungsi CEILING

Kita memiliki angka 12.345 di sel A1 dan ingin membulatkannya ke kelipatan 5 yang lebih besar atau sama dengan angka tersebut, gunakan rumus ini di sel B1:

Excel


Hasilnya justru angka tersebut akan dibulatkan langsung ke atas dengan kelipatan 5. Dari 12 menjadi 15


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. INT

INT pada Excel digunakan untuk memotong bagian desimal dari suatu angka dan mengembalikan bagian bilangan bulatnya. Fungsi ini secara efektif membulatkan angka ke arah nol (0). Berikut adalah sintaks umum dari fungsi INT:

Excel


Keterangan:

  • number: Nilai angka yang ingin Anda ambil bagian bilangan bulatnya.


Contoh penggunaan dari fungsi INT

Kita memiliki angka 12.345 di sel A1 dan ingin mendapatkan bagian bilangan bulatnya (12), gunakan rumus ini di sel B1:

Excel 


Dengan menggunakan sintaks =INT(A1) yang ditujukan pada angka 12,345 akan memberikan hasil pembulatan kebawah yaitu 12.


Yuk, eksplorasi ChatGPT untuk kebutuhan belajar tentang data bersama DQLab. Kenapa harus DQLab? Sebagai platform belajar online terbaik, modul ajarnya dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan ChatGPT, sehingga:


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dan persiapkan diri untuk menjadi praktisi data yang andal! 





Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :