SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 25 Menit 16 Detik

Implementasi Artificial Intelligence dalam Keseharian

Belajar Data Science di Rumah 20-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-07-2024-05-19-094611_x_Thumbnail800.jpg

Artificial Intelligence (AI) adalah salah satu teknologi yang membuat komputer bisa berperan layaknya manusia, baik dari cara berpikir, cara berkomunikasi, serta cara menentukan keputusan. Pemanfaatan teknologi ini memberikan dampak positif namun juga negatif secara bersamaan. Positifnya, banyak pekerjaan manusia yang menjadi lebih ringan dengan adanya teknologi ini. Sementara sisi negatifnya, manusia yang mengerjakan pekerjaan tanpa skill tertentu menjadi lebih mudah tergantikan oleh teknologi AI.


Tanpa disadari, teknologi AI ini telah banyak mengambil peran dalam kehidupan manusia sehari-hari. Hubungan antara teknologi ini dengan kehidupan manusia menjadi semakin erat seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini juga berbanding lurus dengan kemampuan AI yang bisa diterapkan dalam berbagai bidang. Nah, kali ini, kita akan coba lihat apa saja contoh pemanfaatan teknologi ini dalam kehidupan sehari-hari. Simak penjabarannya, yuk!


1. Asisten Virtual 

Artificial Intelligence

Pict by Buy Mobile


Asisten virtual seperti Siri, Google Assistant, dan Alexa adalah contoh nyata bagaimana AI telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP), asisten virtual bisa memahami dan merespons perintah suara pengguna.


Mereka dapat membantu menyelesaikan berbagai tugas, seperti mengatur alarm, menjawab pertanyaan, memutar musik, serta mengontrol perangkat smart home. Misalnya, dengan perintah suara sederhana, kita bisa menyalakan lampu, mengatur thermostat, atau bahkan mengunci pintu. 


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Rekomendasi Konten di Platform Digital

Artificial Intelligence

Pict by Tecmundo


AI juga berperan penting dalam personalisasi konten di platform digital seperti Netflix, YouTube, dan Spotify. Dengan memanfaatkan algoritma machine learning, teknologi ini bisa menganalisis preferensi dan perilaku pengguna sehingga platform bisa memberikan rekomendasi film, video, atau musik yang mungkin disukai oleh pengguna. 


Misalnya, Netflix menggunakan AI untuk mempelajari pola tontonan pengguna dan menyarankan tayangan berdasarkan riwayat tontonan mereka. Spotify juga menggunakan AI untuk membuat playlist harian atau mingguan yang disesuaikan dengan selera musik pengguna. Rekomendasi konten ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna namun juga membantu platform mempertahankan loyalitas pengguna nya.


3. Aplikasi Kesehatan dan Kebugaran

Artificial Intelligence

AI juga telah membawa revolusi dalam sektor kesehatan dan kebugaran, khususnya melalui aplikasi yang dapat diakses langsung oleh konsumen. Aplikasi kesehatan seperti Apple Health, Fitbit, dan MyFitnessPal menggunakan AI untuk memantau aktivitas fisik, pola tidur, dan pola makan pengguna. Data yang didapatkan dari aplikasi akan dianalisis untuk bisa memberikan insight yang dipersonalisasi tentang kesehatan dan kebugaran pengguna. 


4. Self Driving Car

Artificial Intelligence

Dalam dunia transportasi, AI juga bisa digunakan pada self driving car dan sistem navigasi untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. Contoh self driving car bisa dilihat pada produk yang dikembangkan oleh Tesla dan Waymo, dimana produk tersebut menggunakan AI untuk memproses data dari berbagai sensor dan kamera agar bisa mengemudi secara mandiri. Teknologi ini memungkinkan kendaraan untuk mengenali rambu lalu lintas, pejalan kaki, dan kendaraan lain, serta mengambil keputusan yang tepat untuk menghindari kecelakaan. 


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Tanpa disadari, AI telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari dan membuat manusia menjadi bergantung kepada teknologi ini. AI bisa memberikan kemudahan, efisiensi, dan personalisasi dalam berbagai aspek, sehingga kita untuk menjalani kehidupan yang lebih nyaman dan terinformasi. Dengan terus berkembangnya teknologi AI, kita dapat mengharapkan lebih banyak inovasi yang akan semakin meningkatkan kualitas hidup kita.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login