DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 5 Menit : 34 Detik

Integrasi Data: 3 Cara Penggabungan Data Untuk Hasil Analisis Yang Optimal

Belajar Data Science di Rumah 07-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0a48ff645947e7f9128791a6c868355e_x_Thumbnail800.jpg

Integrasi data adalah proses menggabungkan atau mengkombinasikan dua atau lebih set data yang berasal dari sumber yang berbeda ke dalam suatu penyimpanan seperti data warehouse. Salah satu manfaat yang didapatkan dengan melakukan integrasi data adalah terhindar dari duplikat data. Seperti kita ketahui, jika terdapat duplikat data maka akan mengganggu proses selanjutnya yang hendak dilakukan seperti analisis data karena nilai yang diperoleh bisa tidak konsisten.


Integrasi data harus dilakukan secara teliti agar tidak terjadi kesalah yang nantinya akan berpengaruh pada hasil yang tidak sesuai dan menyulitkan saat pengambilan keputusan. Adapun syarat-syarat dalam melakukan integrasi data antara lain adanya policy dan teknologi yang mendukung. Terdapat 3 cara dalam penggabungan data. Yuk, simak dibawah ini.

1. Integrasi Aplikasi (Application Integration)

Integrasi aplikasi dilakukan dengan cara mengkoordinasikan aliran informasi yang terjadi antara aplikasi bisnis. Aplikasi yang melayani harus bisa memfasilitasi aplikasi lainnya untuk berintegrasi. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mencapai integrasi aplikasi yaitu file sharing, database sharing, dan API. 

File sharing bisa dilakukan jika data yang ingin diintegrasikan masih dikelola secara offline atau tidak tersedia API di aplikasinya. Sehingga data akan digeneralisasi kemudian file dibagi dengan flashdisk atau email untuk diproses pada aplikasi yang dilakukan integrasi. Database sharing dilakukan jika kondisinya aplikasi yang akan terintegrasi tidak menyediakan API atau teknologi yang digunakan tidak update. Untuk itu alternatifnya adalah memperoleh akses database agar proses integrasi data tercapai. Metode lainnya adalah developer bisa menerapkan API di aplikasi sehingga proses integrasi data akan lebih mudah seperti membuat REST API untuk memuat data. 

Baca juga : Pahami Proses Integrasi Data untuk Hasilkan Proses Pengolahan Data yang Valid


2. Integrasi Proses Bisnis (Business Process Integration) 

Integrasi proses bisnis dilakukan dengan cara mengkoordinasikan setiap aktivitas melalui proses bisnis, seperti penjualan dan penagihan. Adapun tahapan dalam integrasi proses bisnis yaitu perencanaan dalam menentukan arah perusahaan, menerjemahkan strategi yang dibentuk dalam proses bisnis perusahaan, dan menerapkan serta memastikan bahwa proses bisnis yang direncanakan dijalankan sesuai dengan strategi perusahaan.

3. Integrasi Interaksi Pengguna (User Interaction Integration)

Integrasi interaksi pengguna dapat dicapai dengan membuat antarmuka pengguna dengan sistem data yang berbeda. Misalnya menggunakan pintu untuk berinteraksi dengan data dan sistem intelegensi bisnis yang berbeda. Jadi bisa dikatakan aplikasi yang terintegrasi sehingga pengguna dapat melakukan operasi tanpa disadari sebenarnya pengguna sedang menjalankan dua aplikasi sekaligus. 

Baca juga : Belajar Data Science: Simak 3 Manfaat Penerapan Big Data di Berbagai Industri


4. Yuk Mulai Integrasi Data Dengan Teknologi Big Data Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!