JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 8 Jam 58 Menit 39 Detik

Jadi Mudah! Yuk Belajar Coding dengan Fitur AI DQLab

Belajar Data Science di Rumah 26-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-09-2024-02-26-144720_x_Thumbnail800.jpg

Pemanfaatan artificial intelligence dalam proses pembelajaran telah menjadi cara belajar yang baru dan lebih interaktif, personal, dan efisien. Apalagi untuk belajar data science yang bersifat teknikal dan cukup sulit bagi mereka yang tidak memiliki dasar pemahaman yang kuat atau latar pendidikan yang relevan. Sehingga belajar dengan media terintegrasi AI akan memudahkan serta menghemat waktu.


Salah satu platform yang mengadopsi teknologi AI adalah DQLab, sebuah platform belajar data science online yang memiliki fitur AI untuk membantu kalian mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam ketika praktik coding. Bagaimana sebenarnya cara belajar dengan AI dan apa kelebihannya? Pasti kalian penasaran. Yuk tanpa berlama-lama lagi langsung simak pembahasan berikut!


1. Perkembangan AI dan ChatGPT

Kecerdasan Buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan sistem komputer yang dapat melakukan tugas yang memerlukan kecerdasan manusia. AI berusaha untuk membuat komputer dapat memahami, belajar, berpikir, dan beradaptasi seperti manusia. Ada beberapa jenis AI, termasuk narrow AI yang terbatas pada tugas tertentu, dan strong AI yang memiliki kemampuan seperti kecerdasan manusia dalam berbagai konteks.


ChatGPT adalah singkatan dari "Chat Generative Pre-trained Transformer." ChatGPT adalah salah satu contoh penerapan teknologi AI dalam bentuk model bahasa yang sangat canggih. Dikembangkan oleh OpenAI, ChatGPT didasarkan pada arsitektur GPT (Generative Pre-trained Transformer) yang telah terbukti sukses dalam tugas-tugas bahasa alami. ChatGPT dirancang khusus untuk berinteraksi dengan manusia melalui teks, baik itu untuk menjawab pertanyaan, memberikan saran, menghasilkan konten, atau bahkan sebagai asisten virtual.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Bagaimana Cara Belajar dengan AI?

Di era digital seperti sekarang, belajar bersama AI adalah salah satu bentuk terobosan yang semakin populer. Kalian bisa menggunakan AI sebagai asisten pembelajaran. Asisten pembelajaran AI adalah sebuah program atau sistem berbasis kecerdasan buatan yang dirancang untuk memberikan dukungan tambahan dalam proses pembelajaran.


Salah satu fitur utama dari asisten pembelajaran AI adalah kemampuannya untuk memberikan penjelasan tambahan terhadap topik tertentu yang sedang dipelajari. Biasanya dilakukan dengan berbagai cara:

  • Respons Teks atau Audio: Kalian dapat mengajukan pertanyaan kepada asisten AI melalui teks atau suara, dan asisten AI akan memberikan penjelasan secara rinci dalam bentuk teks atau bahkan respons audio.

  • Pemahaman Konteks: Asisten AI dapat menggunakan pemahaman konteks dari materi yang telah dipelajari sebelumnya untuk memberikan penjelasan yang lebih relevan dan terkait.

  • Ilustrasi Visual: Asisten AI dapat menghasilkan ilustrasi visual, diagram, atau grafik untuk membantu menjelaskan konsep yang kompleks dengan cara yang lebih mudah dipahami.


3. Manfaat Belajar dengan AI

AI bisa memberikan feedback dari hasil belajar kalian. Dalam bentuk pengembangan aplikasi asisten pembelajaran atau alat penilaian otomatis, AI dapat memberikan respons terhadap jawaban, tugas, atau projek yang telah dikerjakan. Ini membantu siswa untuk memperbaiki kesalahan dengan cepat dan menghindari kesalahpahaman yang lebih jauh.


Dengan adanya AI, kalian juga dapat terlibat dalam pembelajaran mandiri dan berkelanjutan. AI dapat menyediakan sumber daya tambahan, tugas, dan tantangan yang dapat dikerjakan di luar materi wajib. Sehingga mendorong rasa kemandirian dan ketertarikan terhadap pembelajaran. Selain itu, dengan platform pembelajaran online yang diperkuat oleh AI, kalian memiliki fleksibilitas untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Sehingga kalian lebih mudah mengatur jadwal pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Rekomendasi Platform Belajar dengan Fitur AI

Tertartik untuk mencoba belajar bersama AI? Coba aja di DQLab! DQLab adalah platform belajar online pertama yang terintegrasi dengan AI sehingga kalian dapat belajar lebih mudah dengan bantuannya. DQLab telah mengintegrasikan Artificial Intelligence (AI) dalam bentuk chatbot untuk membantu kalian dalam menjelaskan praktek dan kesalahan yang mungkin terjadi.


Penerapan AI ini menjadi yang pertama di Indonesia untuk online learning umum di bidang data science dan AI, yang bermanfaat meningkatkan pengalaman belajar yang baik.

Artificial Intelligence

DQLab juga menghadirkan metode HERO pada seluruh kursus dan modulnya untuk membantu SahabatDQ belajar dengan nyaman dan efektif. Metode HERO sendiri adalah singkatan dari tiga prinsip utama:

  • Hands-on atau Praktek Langsung
    Praktek Langsung merupakan prinsip utama pada metode HERO di DQLab untuk setiap modul Python. Fokus pada praktek langsung mencapai 80% dari pembelajaran, sehingga membuat kalian lebih siap untuk menerapkan keterampilan di dunia kerja. Dengan begitu, manfaatnya sangat besar bagi perkembangan kemampuan SahabatDQ dalam bidang data science dan AI.

  • Experiential Learning atau Belajar melalui Pengalaman
    DQLab memahami pentingnya pembelajaran melalui pengalaman. Untuk itu, DQLab menyediakan fitur Live Code Editor dengan soal praktek yang memberikan feedback langsung sehingga kalian dapat memahami mana yang bekerja dan tidak. SahabatDQ juga akan ditemani oleh chatbot AI yang membantu memberikan penjelasan pada setiap modul. Selain itu, setiap modul disusun dengan alur cerita yang sederhana untuk memudahkan pemahaman.

  • Outcome-based atau Fokus pada Output
    Setiap modul bertujuan untuk menghasilkan sesuatu setelah kalian menyelesaikannya, seperti chart sederhana atau model machine learning yang dapat diterapkan di dunia e-commerce. Dengan demikian, manfaatnya sangat besar bagi perkembangan keterampilan kalian.


Tunggu apa lagi, segera ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dan persiapkan diri untuk mahir membuat code dan menjadi praktisi data yang andal! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login