Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Kenali Fitur AI ChatGPT untuk Coding di DQLab

Belajar Data Science di Rumah 03-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/540f81938f180ce25a479db09d992575_x_Thumbnail800.jpeg

Di era sekarang ini teknologi menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan kita, karena dengan adanya teknologi kehidupan kita sangat terbantu. Teknologi juga merubah bagaimana cara kita bekerja, belajar suatu hal, dan juga berinteraksi. Nah, salah satu teknologi yang sangat menyita perhatian saat ini yaitu AI atau Artificial Intelligence. AI ini memiliki peran penting dalam memudahkan berbagai macam fungsi pekerjaan, salah satunya adalah penggunaan AI pada kursus coding.


AI ini bekerja untuk menggabungkan sejumlah data dalam jumlah yang besar dengan kecepatan yang cukup cepat, memiliki pengolahan yang berulang, dan juga memiliki algoritma cerdas yang memungkinkan software untuk mempelajari suatu hal secara otomatis dari pola maupun fitur di dalam data yang sudah ada sebelumnya.


Salah satu platform belajar data science dan juga AI DQLab sudah menghadirkan beberapa fitur AI seperti Chat GPT untuk bisa menjawab berbagai macam pertanyaan sesuai dengan kebutuhan teman-teman semuanya agar kalian memiliki progres belajar yang lebih efektif tentunya. Nah, apa saja sih manfaat atau kegunaan dari adanya Chat GPT ini? Mari kita simak!


1. Apa Itu AI?

AI atau singkatan dari Artificial Intelligence adalah salah satu bidang ilmu komputer yang berfokus untuk menciptakan sebuah mesin yang bisa melakukan tugasnya secara mandiri tanpa bantuan dari manusia, seperti mempelajari hal baru, memecahkan masalah, memproses bahasa alami, dan juga bisa menjadi salah satu alat untuk merencanakan sesuatu. Tujuan dari adanya pengembangan pada AI ini adalah untuk bisa menciptakan mesin yang bisa bekerja secara mandiri tanpa bantuan dari siapapun, mengambil keputusan yang tepat dan lebih efisien, dan juga bisa meningkatkan produktivitas dalam bidang industri maupun kehidupan manusia.


Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


2. Manfaat AI

AI ini memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia dalam berbagai kebutuhan manusia sehari-hari. Inilah beberapa manfaat yang dimiliki oleh AI:

  • Menghemat Waktu

Dengan adanya AI sangatlah membantu di dalam pengerjaan sebuah pekerjaan manusia yang bisa diselesaikan secara cepat dan juga efisien, contohnya seperti membantu kita dalam mengekstrak data dalam jumlah besar dan perlu dianalisis secara cepat dengan hasil yang tepat. 

  • Meningkatkan Produktivitas

Selain bisa menghemat waktu AI juga bisa meningkatkan produktivitas kita untuk melakukan pekerjaan yang lainnya. Dengan menggunakan AI, pekerjaan lain juga bisa diselesaikan dengan waktu yang bersamaan tanpa harus menunggu.

  • Mengambil Keputusan

AI juga bisa digunakan untuk memberikan analisis dan juga rekomendasi yang cukup akurat dan cepat, sehingga bisa membantu kalian untuk mengambil sebuah keputusan.

Artificial Intelligence


3. Fitur untuk Coding

Adapun beberapa contoh penerapan AI ini dalam kursus coding yaitu:

  • Pengenalan Pola

Dengan adanya AI ini kalian bisa pergunakan untuk mengenali sebuah pola dalam kesalahan mengetik code dalam codingan dan juga bisa memberikan sebuah solusi yang sesuai dengan apa yang menjadi permasalahan.

  • Code suggestion

AI ini bisa membantu kalian untuk memberikan solusi terbaik pada codingan kalian dan juga fungsi yang bisa membantu kalian sebagai praktisi data maupun programmer untuk menyelesaikan tugas codingan kalian secara mudah dan cepat.

  • Sistem yang Adaptif

Ai juga bisa membuat sebuah sistem pembelajaran yang adaptif loh, yang dimana para praktisi data akan mendapatkan sebuah materi dan juga tugas yang cukup sesuai dengan kemampuan dan juga kebutuhan belajarnya

Artificial Intelligence


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


4. AI dalam Edu-Tech

Salah satu produk AI yang cukup populer saat ini yaitu Chat GPT, bisa memberikan sebuah rekomendasi tentang sumber daya pembelajaran, seperti tutorial, buku, bahkan bisa merekomendasikan kursus belajar coding secara online yang memiliki topik dan juga bahasa pemrograman tertentu. Nah berikut ini adalah beberapa contoh rekomendasi sumber daya pembelajaran untuk coding:

  • Platform Online untuk Membaca Code

Chat GPT ini mampu merekomendasikan kalian situs web apa saja yang bisa membaca code dari codingan kalian. Contohnya seperti GitHub dan juga Bitbucket, nah disini kalian akan bisa melihat kode program dari banyak sekali proyek-proyek open source dan juga kalian bisa mempelajari bagaimana caranya mereka menuliskan code tersebut dan bisa dipakai untuk memecahkan masalah

  • Situs Web Belajar Coding Online

Chat GPT merupakan salah satu AI yang bisa memberikan rekomendasi website belajar coding berbasis online seperti DQLab, Udemy, dan lain sebagainya yang biasanya menawarkan kursus bahasa pemrograman dan juga topik tentang pemrograman lain.

  • Forum Online untuk Belajar Coding

Chat GPT ini juga bisa merekomendasikan forum online seperti Stack Overflow, Reddit, dan lain sebagainya yang dimana kalian bisa langsung berinteraksi dengan programmer lain dan bisa meminta bantuan mereka untuk memecahkan masalah kalian dan juga bisa menjadi suatu solusi untuk tantangan pemrograman tertentu.

Artificial Intelligence


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login