JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 1 Jam 35 Menit 32 Detik

Kenali Voice Recognition dengan Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 15-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-07-2024-02-15-160431_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning adalah sebuah teknologi yang mengubah kehidupan manusia. Dengan adanya teknologi ini, manusia dapat berinteraksi dengan komputer layaknya berinteraksi dengan manusia lainnya. Mesin dibuat untuk bisa berpikir dan membuat keputusan dengan meniru pola pikir manusia. Untuk bisa sampai di tahapan pembuatan keputusan, mesin akan diberikan data histori yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Nantinya mesin akan membuat keputusan berdasarkan pola yang ada pada data tersebut.  


Voice recognition merupakan salah satu contoh pengaplikasian paling menonjol dari Machine Learning (ML) dalam kehidupan sehari-hari. Contoh pengaplikasian ini telah mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi, dimana hal ini memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan perangkat elektronik menggunakan suara kita sendiri. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana voice recognition berperan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Yuk, simak pembahasannya! 


1. Konsep Dasar Voice Recognition dengan Machine Learning

Machine Learning

Penggunaan Machine Learning dalam voice recognition akan melibatkan proses memahami dan menerjemahkan ucapan manusia menjadi teks atau perintah yang dapat dimengerti oleh komputer. Proses ini terjadi melalui serangkaian tahapan, mulai dari perekaman suara, pemrosesan sinyal, ekstraksi fitur, lalu akhirnya pemilihan algoritma Machine Learning yang akan digunakan untuk mengenali pola dan korelasi dalam suara yang direkam.


Dengan menggunakan algoritma Machine Learning, sistem akan belajar dari berbagai contoh suara manusia untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengenali dan memahami berbagai jenis ucapan, termasuk aksen, intonasi, dan variasi dalam bahasa yang digunakan.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Contoh-contoh Penerapan Voice Recognition

Machine Learning

Penggunaan voice recognition sering ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik disadari atau tidak. Berikut ini adalah beberapa contoh penerapannya:

  • Asisten Virtual: Asisten virtual seperti Siri dari Apple, Google Assistant, maupun Alexa dari Amazon merupakan contoh paling banyak ditemui dari aplikasi voice recognition. Teknologi ini akan membantu pengguna dalam memberikan perintah suara untuk menjalankan tugas-tugas tertentu, seperti memutar musik, mengirim pesan teks, atau menjawab pertanyaan.

  • Pengenalan Nama: Sistem voice recognition juga digunakan dalam aplikasi perbankan untuk memverifikasi identitas pelanggan melalui percakapan suara. Teknologi ini bisa membantu meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko penipuan.

  • Pengenalan Diksi Medis: Dalam bidang kesehatan, voice recognition bisa bermanfaat untuk mengonversi catatan medis yang diucapkan oleh dokter menjadi teks yang dapat dibaca oleh sistem pencatatan medis elektronik.

  • Voice Recognition pada Kendaraan: Saat ini, banyak kendaraan modern dilengkapi dengan sistem voice recognition yang memungkinkan pengemudi untuk memberikan perintah suara untuk mengontrol fitur-fitur seperti navigasi, pemutar musik, dan lainnya.


3. Tantangan dalam Voice Recognition

Machine Learning

Setiap teknologi yang ada pasti akan memiliki tantangannya masing-masing, termasuk pada voice recognition. Meskipun kemajuan yang signifikan telah dicapai pada teknologi ini, namun masih ada beberapa tantangan yang perlu diatasi. Beberapa tantangan tersebut termasuk variasi aksen, noise dari lingkungan sekitar, serta perbedaan dalam pengucapan kata antara setiap individu. Selain itu, keamanan dan privasi juga perlu menjadi perhatian, terutama ketika sistem voice recognition digunakan untuk mengakses data sensitif atau mengautentikasi identitas pengguna.


4. Harapan di Masa Depan

Machine Learning

Seiring waktu, para developer akan terus mengembangkan teknologi Machine Learning. Mereka akan mencoba menggunakan berbagai algoritma hingga menemukan yang paling tepat. Dengan terus berkembangnya teknologi Machine Learning, voice recognition juga memiliki potensi untuk menjadi lebih canggih dan dapat diandalkan di masa depan.


Sehingga dengan meningkatnya jumlah data yang tersedia untuk dijadikan bahan pembelajaran, serta peningkatan dalam algoritma dan teknik pengolahan sinyal suara, kita dapat mengharapkan sistem voice recognition yang lebih akurat, responsif, dan serbaguna.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Voice recognition merupakan contoh yang menonjol dari penerapan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari. Dengan terus melakukan penelitian dan pengembangan, kita dapat mengoptimalkan teknologi pengenalan suara untuk meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan keamanan dalam berbagai aspek kehidupan kita.


Kita bisa memulai dengan  mempelajari Machine Learning di DQLab. Selain modul pembelajaran, kita juga bisa mengikuti Bootcamp Machine Learning & AI for Beginner yang diadakan oleh DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login