PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 6 Jam 50 Menit 23 Detik

Konsep Enkapsulasi pada Coding Python dengan ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 31-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-09-1-2023-08-01-230901_x_Thumbnail800.jpg

Coding merupakan salah satu keahlian yang perlu dimiliki jika kamu serius untuk menekuni bidang industri data. Coding sendiri punya peranan untuk menghasilkan output berdasarkan input yang sudah kita ketikkan melalui tempat yang sudah disediakan. Banyak bahasa pemrograman yang menuntut kita untuk memiliki kemampuan coding. Salah satunya adalah bahasa pemrograman Python. Python punya segudang konsep yang bisa diaplikasikan dalam perkembangan Artificial Intelligence saat ini. Sebagai contoh, dalam bahasa pemrograman Python tentunya memiliki beragam konsep yang digunakan untuk menghasilkan sebuah output yang bermanfaat.


Dalam mode operasi Python dikenal dengan berbagai istilah dasar untuk coding. Salah satunya adalah enkapsulasi. Proses enkapsulasi dalam bahasa Python adalah  salah satu konsep dalam pemrograman berorientasi objek yang menggabungkan data (atribut) dan perilaku (metode) dalam sebuah objek, sambil menyembunyikan akses langsung ke data internal objek tersebut. Tujuannya adalah untuk melindungi data dari modifikasi langsung yang tidak sah dan memastikan bahwa data hanya dapat diakses dan dimanipulasi melalui metode yang ditentukan. 


Penerapan konsep enkapsulasi dalam bahasa pemrograman Python bisa kamu praktikkan hanya dengan menggunakan ChatGPT aja loh sahabat DQLab! Penasaran nggak sih bagaimana caranya? Kalian bisa langsung cek postingan berikut yuk sahabat DQLab!


1. Mengenal Konsep Enkapsulasi dalam Bahasa Pemrograman

Enkapsulasi adalah salah satu konsep dalam pemrograman berorientasi objek yang menggabungkan data (atribut) dan perilaku (metode) dalam sebuah objek, sambil menyembunyikan akses langsung ke data internal objek tersebut. Dengan menggunakan enkapsulasi, kita dapat mengendalikan akses ke atribut dan metode objek. Dengan membatasi akses langsung ke data internal objek, kita dapat mencegah modifikasi yang tidak sah atau tidak diinginkan. Hanya metode-metode yang ditentukan yang dapat mengakses dan memanipulasi data tersebut, yang membantu menjaga integritas dan konsistensi objek.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner 


2. Pentingnya Konsep Enkapsulasi

Enkapsulasi memungkinkan kita untuk menyembunyikan detail implementasi dan kompleksitas internal suatu objek dari pengguna eksternal. Ini memungkinkan pengguna objek untuk berinteraksi dengan objek melalui antarmuka yang didefinisikan, tanpa perlu mengetahui atau terpengaruh oleh detail internalnya. Hal ini memfasilitasi pemahaman yang lebih baik, penggunaan yang lebih mudah, dan isolasi perubahan internal yang mungkin terjadi.


3. Sintaks Dasar Konsep Enkapsulasi

Berikut adalah sintaks dasar untuk menerapkan enkapsulasi dalam Python:


Atribut dan Metode Pribadi:

Atribut pribadi: Nama atribut dimulai dengan satu garis bawah _.

Metode pribadi: Nama metode dimulai dengan satu garis bawah _.

Python


Name Mangling:

Atribut dengan name mangling: Nama atribut dimulai dengan dua garis bawah __.

Akses name mangling: Nama atribut diubah dengan menambahkan _NamaKelas di depannya.

ChatGPT

Metode Getter dan Setter:

Metode getter: Mengembalikan nilai atribut pribadi.

Metode setter: Mengubah nilai atribut pribadi.

ChatGPT

Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Coding Enkapsulasi dengan ChatGPT

Berikut adalah contoh sederhana penggunaan enkapsulasi dalam Python dengan bantuan ChatGPT:

 ChatGPT

Dalam contoh ini, atribut _merk dianggap sebagai atribut pribadi, tetapi masih dapat diakses langsung dari luar kelas. Atribut __warna menggunakan name mangling, sehingga diubah menjadi _Mobil__warna dan sulit diakses langsung. Namun, atribut tersebut masih dapat diakses menggunakan metode getter dan setter yang sesuai.


Penerapan enkapsulasi membantu memastikan bahwa data hanya diakses melalui metode yang ditentukan, yang memungkinkan pengontrolan yang lebih baik terhadap manipulasi dan validasi data dalam objek.


Harap diingat bahwa enkapsulasi di Python lebih bersifat konvensi daripada pembatasan yang ketat. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengikuti konvensi dan menggunakan metode getter dan setter untuk mengakses dan mengubah atribut pribadi, bahkan jika akses langsung masih memungkinkan.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login