Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Kupas Tuntas, Fitur ChatGPT untuk Coding DQLab

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-09-2023-06-30-195735_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi saat ini sudah menjadi bagian dari perjalanan waktu yang tidak bisa dibendung. Teknologi tidak hanya merubah gaya hidup manusia tapi juga merubah bagaimana kita bekerja, belajar dan berinteraksi.


Salah satu teknologi yang belakangan ini menjadi perhatian adalah Artificial Intelligence. Teknologi yang satu ini memiliki peran penting dalam memudahkan berbagai fungsi pekerjaan, termasuk dalam penggunaan kursus coding.


AI bekerja dengan menggabungkan sejumlah besar data dengan cepat, pengolahan berulang, dan algoritme cerdas, memungkinkan perangkat lunak untuk belajar secara otomatis dari pola atau fitur dalam data.


Sebagai platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI), DQLab menghadirkan fitur AI ChatGPT untuk menjawab kebutuhan Sahabat DQ agar proses belajar menjadi lebih efektif. Seperti apa ya kegunaan fitur ini? Yuk kita simak bersama!


1. Penerapan AI dalam Bidang Edu-Tech

Penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam bidang edu tech (teknologi pendidikan) telah membawa dampak yang signifikan dalam meningkatkan pengalaman belajar, personalisasi pembelajaran, dan efisiensi administrasi pendidikan. Berikut adalah beberapa contoh penerapan AI dalam bidang edu tech:

  • Personalized learning: AI dapat digunakan untuk memantau kemajuan setiap siswa secara individual dan memberikan materi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan gaya belajar masing-masing siswa.

  • Virtual assistant: AI dapat digunakan sebagai asisten virtual untuk membantu siswa dalam menjawab pertanyaan atau memberikan saran terkait materi pembelajaran.

  • Evaluasi otomatis: Dalam pengembangan aplikasi ini, AI dapat melakukan evaluasi otomatis pada pekerjaan siswa dan memberikan umpan balik segera tanpa menunggu penilaian dari guru.

Penerapan AI dalam dunia pendidikan atau pembelajaran dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran serta memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih adaptif dan personal, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar dan meraih prestasi yang lebih baik.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


2. Belajar Coding dengan Fitur ChatGPT

Penggunaan fitur ChatGPT untuk coding dapat melibatkan berbagai skenario, seperti memberikan saran kode, menjawab pertanyaan tentang sintaks atau konsep pemrograman, dan memberikan bantuan dalam memecahkan masalah pemrograman. Berikut adalah beberapa cara menggunakan ChatGPT dalam konteks pembelajaran coding:

  • Minta Penjelasan Konsep: Jika kamu memiliki pertanyaan tentang konsep pemrograman, seperti pemahaman tentang variabel, fungsi, loop, atau struktur data, kamu dapat mengajukan pertanyaan kepada ChatGPT. Berikan pertanyaan spesifik tentang konsep tersebut, dan ChatGPT dapat memberikan penjelasan yang lebih lanjut.

Contoh:

Kamu: "Apa itu variabel dalam pemrograman dan bagaimana cara menggunakannya?"

  • Mintalah Contoh Kode: Kamu dapat meminta ChatGPT untuk memberikan contoh kode untuk tugas atau konsep tertentu. Misalnya, kamu dapat meminta contoh kode untuk menghitung jumlah bilangan ganjil dalam sebuah array.

Contoh:

Kamu: "Tolong berikan contoh kode untuk menghitung jumlah bilangan ganjil dalam sebuah array?"


3. Aplikasi Fitur AI di DQLab: Ask AI Chatbot

ChatGPT

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh peserta ketika belajar di DQLab adalah Fitur Ask AI Chatbot. Fitur ini sangat membantu peserta ketika ada kendala selama proses pembelajaran. Mungkin kalian merasa bahwa code yang kamu ketikkan sudah benar atau merasa tidak ada yang terlewat namun sistem mendeteksi bahwa terjadi kesalahan dalam melakukan penginputan code yang telah dituliskan. Nah kamu bisa memanfaatkan fitur ini lebih lanjut.


4. Aplikasi Fitur AI di DQLab: Visualisasi Data dengan AI

Setiap kode yang kita ketik dan tentunya akan memiliki dampak untuk kita sendiri sebagai pembelajar. Di DQLab sendiri disediakan khusus untuk memunculkan grafik terkait kode yang kita tuliskan. Tempatnya dimana? Ada di bagian Graphic. Dengan adanya kemampuan untuk menampilkan grafik atas kode-kode yang sudah kita ketikan tadi maka dapat menunjang kebutuhan peserta untuk mengalami langsung proses pembelajaran yang unik menarik dan menyenangkan.


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


Yuk eksplorasi penggunaan ChatGPT untuk membuat berbagai rumus excel bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. 


Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login