SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 41 Menit 8 Detik

Maksimalkan AI Chat GPT untuk Dalami Skill Coding

Belajar Data Science di Rumah 28-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-09-2024-05-28-213610_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa tahun belakangan ini kita mengetahui banyak kecanggihan teknologi yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Salah satu hal yang bisa ‘relate’ dengan kecanggihan teknologi itu adalah artificial intelligence atau biasa dikenal dengan kecerdasan buatan.


Artificial intelligence biasa disingkat menjadi AI. AI memiliki begitu banyak cabang yang sering kita jumpai, salah satunya adalah chat GPT (generative pre-trained transformer). Chat GPT memiliki begitu banyak manfaat seperti untuk coding. Lalu bagaimana cara menggunakan chat GPT untuk coding?


Bagi kalian yang ingin belajar bahasa pemrograman atau baru saja masuk ke dunia tersebut mungkin ingin mengetahui lebih dalam bagaimana cara kerja artificial intelligence. Untuk mengetahui cara kerja artificial intelligence, kita perlu mengetahui lebih dalam terkait AI serta contoh penerapannya seperti chat gpt. Selain itu untuk mengenali AI kita juga perlu tahu coding, sebuah kegiatan pengkodean dengan menggunakan bahasa pemrograman sebagai bentuk komunikasi antara manusia dengan komputer.


1. Pengertian Coding

Coding adalah suatu kegiatan pengolahan kode dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Dengan melakukan coding seseorang bisa ‘berkomunikasi’ dengan komputer. Penerapan coding menggunakan bantuan bahasa pemrograman. Beberapa bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk belajar coding antara lain PHP, javascript, Python, Java, R, dan masih banyak lainnya. Beberapa software di atas pun ada yang tersedia secara gratis dan bisa diakses oleh siapapun.

Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Manfaat Coding

Mempelajari coding di masa perkembangan teknologi yang canggih seperti sekarang ini tentu memberikan banyak manfaat kepada penggunanya. Berikut beberapa manfaat coding yang bisa kamu ketahui:

  • memiliki peluang kerja yang lebih tinggi

  • bisa menyesuaikan program sesuai dengan kebutuhan

  • dapat memiliki penghasilan yang lebih besar

  • bisa menyelesaikan masalah pada program tertentu

Artificial Intelligence


3. Peranan Chat GPT

Chat GPT adalah salah satu bagian dari kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang sering kita jumpai di masa kini. Penggunaan chat GPT ini membantu kegiatan manusia dan telah digunakan di berbagai sektor. Chat GPT ini menggunakan fitur chatbot yang dirancang untuk meniru interaksi antara manusia melalui chat. Beberapa contoh peranan atau manfaat chat GPT antara lain untuk membantu mencari ide, membantu penyelesaian masalah, mengembangkan materi pelajaran, merekomendasikan outfit, dan lainnya.

Artificial Intelligence

sumber: widya analitik


4. Chat GPT untuk Coding

Tahukah kalian bahwa Chat GPT tidak hanya bisa digunakan untuk sesi tanya jawab saja loh, Chat GPT juga bisa digunakan untuk berbagai hal seperti coding. Jika kalian masih bingung cara menggunakan coding menggunakan Chat GPT, kalian juga bisa bertanya terlebih dahulu kepada ChatGPT loh. Seperti contoh yang ditampilkan di gambar berikut ini

Artificial Intelligence

Pada contoh di atas adalah cara coding menggunakan Chat GPT dengan bahasa pemrograman python. Untuk lebih lanjutnya kalian bisa coba sendiri dengan mengunjungi chat.openai.com.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Proses coding adalah suatu keahlian yang perlu dimiliki oleh siapapun yang ingin berkarir dalam dunia data atau yang berkaitan dengan dunia teknologi informasi. Kamu bisa belajar coding dasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login