SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 16 Menit 36 Detik

Memanfaatkan ChatGPT untuk Bantu Belajar Coding

Belajar Data Science di Rumah 18-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-09-2023-09-20-112015_x_Thumbnail800.jpg

Nama ChatGPT sempat viral di salah satu platform video karena ada seorang dosen yang bercerita tentang mahasiswa nya yang memanfaatkan ChatGPT untuk membuat tugas essay. Menarik nya lagi, ketika di cek turnitin nya tidak menunjukkan adanya indikasi plagiasi.


Tidak bisa dipungkiri bahwa artificial intelligence telah memberikan banyak perubahan dalam kehidupan manusia, termasuk dalam pembuatan alat yang memahami bahasa manusia. Misalnya ChatGPT, yang dikembangkan oleh OpenAI. 


ChatGPT tidak hanya bisa digunakan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang kita ajukan saja, melainkan juga bisa digunakan untuk membantu kita belajar bahasa pemrograman. Kita bisa bertanya banyak hal tentang coding, baik yang bersifat umum maupun yang lebih spesifik. Seperti yang kita ketahui, proses belajar coding bukanlah hal yang mudah.


Salah penulisan satu karakter saja bisa mengakibatkan program error. Sehingga dengan adanya bantuan ChatGPT, tentu saja akan memberikan kemudahan bagi para pemula, khususnya untuk mereka yang belajar secara otodidak. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara memanfaatkan ChatGPT untuk belajar coding secara otodidak. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pemecahan Masalah yang Efisien

Chat GPT


Salah satu fungsi utama ChatGPT dalam proses belajar coding adalah dengan memanfaatkan platform ini sebagai alat untuk pemecahan masalah. Kerap kali kita akan bertemu dengan keadaan yang memaksa kita untuk menyelesaikan tugas pemrograman yang kompleks, maka kita bisa meminta bantuan kepada ChatGPT dengan menyederhanakan permasalahan tersebut ke dalam pertanyaan bahasa manusia yang dapat dimengerti oleh ChatGPT.


Sebagai contoh, saat kita mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan algoritma tertentu, maka kita dapat bertanya, "Bagaimana cara mengimplementasikan algoritma X dalam bahasa Y?". Nantinya, ChatGPT dapat memberikan petunjuk yang bisa membantu penyelesaian masalah tersebut.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Memberikan Contoh Kode yang Relevan

Chat GPT


ChatGPT juga dapat membantu kita dengan menyediakan contoh kode yang relevan dengan permasalahan yang sedang kita alami. Menariknya, hal ini ternyata bisa menjadi sangat berguna saat kita mencoba untuk memahami cara penggunaan perintah atau fungsi tertentu dalam bahasa pemrograman.


Sebagai contoh, misalkan kita ingin memahami cara membaca dan menulis file dalam Python, maka kita dapat meminta kepada ChatGPT, "Tolong berikan contoh kode Python untuk membaca dan menulis file teks", maka ChatGPT akan menampilkan contoh kode yang sesuai dengan permintaan tersebut, sehingga memungkinkan kita untuk memahami konsep tersebut secara lebih baik.


3. Menerjemahkan Pemahaman ke Kode

Chat GPT


Dalam proses membuat coding, kita kerap kali memiliki pemahaman tentang konsep atau algoritma tertentu, namun di beberapa keadaan kita bisa saja mengalami kesulitan dalam menerjemahkan pemahaman tersebut ke dalam kode yang dapat dieksekusi.


Untuk mengatasi hal ini, ChatGPT bisa menjadi teknologi yang sangat membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Kita bisa menjelaskan ide atau konsep yang kita miliki dengan bahasa manusia yang lugas dan mudah dimengerti, lalu ChatGPT akan membantu kita untuk mengartikannya ke dalam kode yang konkret. Dengan begitu, kita bisa mengimplementasikan ide-ide kreatif tersebut tanpa hambatan teknis yang besar.


4. Debugging dan Perbaikan Kode

Chat GPT


Kesalahan dalam coding sebenarnya adalah hal umum terjadi. Error nya coding yang kita buat bukan berarti program tersebut tidak akan bisa diselamatkan. Karena pada dasarnya, kita hanya perlu untuk memperbaiki di bagian yang menyebabkan error saja.


ChatGPT dapat berfungsi sebagai alat untuk debugging dan perbaikan kode. Ketika kita menghadapi masalah dalam coding yang kita buat, maka kita bisa menggambarkan keadaan tersebut kepada ChatGPT. Lalu teknologi ini akan memberikan saran tentang penyebab masalah dan cara memperbaikinya. Hal ini akan sangat berguna untuk menghemat waktu dalam mencari solusi.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Dalam menjalankan ChatGPT, perlu diingat bahwa penggunaan teknologi semacam ini tidak sepenuhnya menggantikan keahlian manusia. Karena tetap saja teknologi ini memiliki kelemahannya tersendiri, seperti kurang relevan nya jawaban yang diberikan.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login