Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Mengenal Artificial Intelligence pada ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 06-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b86e9cd1-e649-4055-98db-34ef55ee8554-2023-07-06-200430_x_Thumbnail800.jpeg

AI atau Artificial Intelligence merupakan sebuah teknologi masa kini yang sudah sangat sering digunakan banyak orang. Penerapan AI pun memiliki berbagai dampak yang membantu mempermudah kegiatan manusia. Artificial intelligence menyediakan berbagai layanan salah satunya adalah ChatGPT. ChatGPT ini bisa digunakan untuk berbagai hal, salah satunya adalah ChatGPT untuk membuat rumus Excel. Kira-kira apa itu ChatGPT dan bagaimana cara menggunakannya?


Artificial intelligence atau biasa disebut pula dengan kecerdasan buatan merupakan suatu bidang ilmu komputer yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kecerdasan manusia. Penggunaan AI ini telah diterapkan dalam banyak bidang. Beberapa contoh penerapan AI antara lain seperti untuk deteksi anomali, mendeteksi penipuan, menemukan pelanggan yang berisiko tinggi mengalami atrisi, personalisasi konten dan masih banyak lainnya.


1. Manfaat Penggunaan AI

Pada era kecanggihan teknologi seperti ini keberadaan artificial intelligence sangat membantu manusia dalam mengerjakan kegiatan kesehariannya. AI memiliki berbagai manfaat seperti menghemat waktu dalam mengerjakan pekerjaan sehingga bisa lebih efisien, dapat meningkatkan produktivitas untuk bisa melakukan pekerjaan lain, meminimalisir kesalahan manusia, dapat melakukan kegiatan otomatisasi tugas yang berulang, serta juga andil dalam meningkatkan taraf hidup manusia.


Bcaa juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Apa Itu ChatGPT

Teknologi AI memberikan berbagai macam contoh penerapan yang bisa digunakan, salah satunya adalah ChatGPT. Chat GPT ini merupakan salah satu teknologi AI berupa chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT ini dapat melakukan percakapan dengan pengguna. Beberapa kegunaan ChatGPT antara lain menjawab pertanyaan sulit dengan analogi yang sesuai, dapat mengerjakan coding, dapat mengerjakan esai dan matematika, serta masih banyak kegunaan lainnya.


3. Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT

ChatGPT yang berbasis teknologi AI ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui. Beberapa kelebihan ChatGPT antara lain menghemat waktu dan dapat memberi jawaban dalam waktu yang singkat, dan dapat memberikan respon yang menyerupai hasil kerja manusia. Adapun beberapa kekurangan ChatGPT antara lain memiliki beberapa keterbatasan pemahaman, cakupan dan reliability, adakalanya jawaban yang diberikan tidak selalu benar,  dan tidak bisa menggeser pekerja kreatif. 


4. Cara Membuat Rumus Excel dengan ChatGPT

Seperti yang telah diketahui bahwa ChatGPT bisa digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk membuat rumus excel. Berikut ini beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk bisa membuat rumus excel dengan ChatGPT:

  • Mempersiapkan excel 

  • membuka laman dari ChatGPT lalu login dengan akun agar dapat masuk ke dalam ChatGPT

  • Memasukkan pertanyaan pada ChatGPT dengan membuka laman ChatGPT lalu masuk ke akun OpenAI dan mengetikkan pertanyaan di box send message

  • Mengcopy formula ke lembar excel

  • Mengisi semua kolom


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


Penggunaan ChatGPT saat ini tidaklah asing bagi kita. Ketika mengunjungi website tertentu seringkali muncul fitur serupa yang dapat menjawab pertanyaan pengguna.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with Excel sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login