2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 4 Menit 55 Detik

Mengintip 4 Keajaiban AI dalam Keseharian Kita

Belajar Data Science di Rumah 14-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-09-2024-04-06-222932_x_Thumbnail800.jpg

Dalam era digital yang berkembang pesat saat ini, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) telah menjadi sebuah entitas yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Seiring dengan kemajuan teknologi, AI telah meresap ke dalam berbagai aspek kehidupan manusia, mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita secara mendalam. Dari asisten virtual di smartphone hingga algoritma yang menganalisis data besar untuk memberikan rekomendasi yang personal, teknologi AI telah mengubah lanskap digital dengan cara yang signifikan.


artificial intelligence memberikan kemampuan kepada mesin untuk mempelajari pola, menganalisis informasi, dan membuat keputusan, sebagaimana halnya manusia, bahkan dalam beberapa kasus, melebihi kemampuan manusia itu sendiri.  Dari perubahan kecil seperti rekomendasi produk yang disesuaikan hingga perubahan besar seperti revolusi dalam otomatisasi industri, AI telah membawa perubahan yang fundamental dalam cara kita menjalani hidup.


Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa contoh konkret bagaimana AI mempengaruhi dan memudahkan keseharian kita.


1. Asisten Virtual dan Chatbots

Siapa yang tidak mengenal Siri, Alexa, atau Google Assistant? Asisten virtual ini adalah contoh paling umum dari AI dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi ini membantu kita menyelesaikan tugas-tugas seperti memutar musik, memberikan informasi cuaca, menetapkan pengingat, dan bahkan melakukan panggilan telepon atau mengirim pesan teks atas perintah suara. Tak hanya itu, chatbot juga telah merambah ke dunia pelayanan pelanggan di berbagai industri, memberikan respons cepat dan terstruktur untuk pertanyaan-pertanyaan umum.

Artificial Intelligence


Baca juga  : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Sistem Rekomendasi

Sistem rekomendasi adalah salah satu fitur yang sering kita temui saat menjelajahi internet, seperti pada platform streaming video, situs belanja online, atau aplikasi musik. Teknologi AI digunakan untuk menganalisis perilaku pengguna dan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan preferensi mereka. Hal ini membuat pengalaman pengguna lebih menyenangkan dan membantu kita menemukan konten atau produk yang sesuai dengan minat kita dengan lebih cepat.

Artificial Intelligence


3. Pengenalan Suara dan Gambar

Pengenalan suara dan gambar adalah contoh lain dari teknologi AI yang semakin umum digunakan. Pengenalan suara memungkinkan kita untuk menggunakan perintah suara untuk melakukan berbagai tugas, seperti mengirim pesan teks, memanggil orang, atau menyalakan lampu.


Di sisi lain, pengenalan gambar memungkinkan kita untuk mencari informasi tentang objek atau tempat hanya dengan mengunggah foto atau gambar. Teknologi ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel atau kamera pengaman.

Artificial Intelligence


4. Otomatisasi Proses Bisnis

Di dunia bisnis, AI telah membawa revolusi dalam otomatisasi proses. Contohnya adalah dalam pengelolaan inventaris, di mana sistem AI dapat memprediksi permintaan produk dan mengatur pengadaan secara otomatis. Selain itu, dalam bidang layanan pelanggan, chatbot AI dapat mengelola pertanyaan-pertanyaan umum dan mengarahkan pengguna ke sumber informasi yang tepat, mengurangi beban pekerjaan tim layanan pelanggan manusia.

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning

Dari contoh-contoh di atas, kita bisa melihat bahwa kecerdasan buatan telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Meskipun AI membawa banyak manfaat dan kemudahan, penting untuk tetap mempertimbangkan dan mengatasi berbagai tantangan terkait privasi, etika, dan keamanan yang mungkin timbul seiring dengan peningkatan penggunaannya. Dengan memahami potensi dan batasannya, kita dapat lebih bijaksana dalam memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan kualitas hidup kita.


Yuk pelajari cara membangun algoritma AI bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login