3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 3 Menit 53 Detik

Optimalkan Proses Belajar Programming dengan ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 08-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-09-2024-01-08-171006_x_Thumbnail800.jpg

ChatGPT merupakan salah satu contoh teknologi Artificial Intelligence yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk meringankan pekerjaan manusia. Pada dasarnya, teknologi artificial membuat komputer untuk bisa bersikap layaknya manusia, baik dari aktivitas yang dilakukan maupun dari cara berpikir. Artificial Intelligence ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian-bagian yang lebih kecil dan detail. Lahirnya ChatGPT tentu saja memberikan banyak perubahan di berbagai aspek dalam kehidupan manusia.


Dalam pekerjaan seorang praktisi data dan software developer, skill akan coding SQL menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan. Bahasa SQL adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses database. Menariknya, ChatGPT bisa dijadikan sebagai mentor pribadi dalam proses pembelajaran bahasa SQL, loh. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tahapan yang bisa dilakukan agar proses belajar SQL dengan ChatGPT bisa menjadi lebih optimal. Yuk, simak pembahasannya!


1. Mengoptimalkan Query SQL

Artificial Intelligence

Tahapan awal, kita bisa meminta rangkuman materi SQL yang wajib dikuasai oleh pemula sebagai hal fundamental dalam pembelajaran. Setelah bisa menggunakan query tersebut, kita juga bisa meminta kepada ChatGPT terkait cara memperbaiki atau mengoptimalkan query SQL yang kita miliki. Selain itu, kita juga bisa meminta bantuan ChatGPT untuk mengevaluasi efisiensi query, menemukan indeks yang sesuai, atau menyarankan perubahan struktur tabel.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Memahami Fungsi SQL yang Kompleks

Artificial Intelligence

Pada dasarnya, bahasa SQL hampir mirip dengan bahasa pemrograman lainnya yang memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Biasanya, semakin advanced, query SQL yang dibutuhkan akan semakin kompleks sehingga sulit dipahami. Nah, untuk mengatasi hal ini, kita bisa meminta bantuan dari ChatGPT untuk memberikan penjelasan agar kita lebih mudah dalam memahami konsep-konsep yang rumit, seperti subquery, join, dll.


3. Troubleshooting dan Debugging

Artificial Intelligence

Dalam proses perjalanan menggunakan query SQL, kita bisa saja menemukan keadaan dimana query tidak berjalan dengan baik, namun kita tidak mengetahui secara pasti dimana letak kesalahannya. Kita bisa memanfaatkan ChatGPT untuk membantu mendiagnosis dan memperbaiki masalah dalam query SQL yang tidak berjalan dengan baik. Kita bisa menanyakan solusi terkait error message atau hasil yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.


4. Bimbingan dalam Proyek SQL

Artificial Intelligence

Project data adalah hal terpenting bagi praktisi data, karena project data ini bisa menjadi senjata utama untuk memenangkan hati recruiter dan menunjukkan kemampuan yang kita miliki. Kita bisa meminta panduan ChatGPT untuk memberikan arahan umum atau strategi pemodelan data saat sedang mengerjakan project data SQL yang kompleks. Kita bisa manfaatkan ChatGPT sebagai konsultan virtual untuk mendiskusikan desain database atau skema yang optimal.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan dari ChatGPT, kita dapat meningkatkan keterampilan coding SQL yang kita miliki secara signifikan. Sehingga pengembangan keterampilan SQL yang kita miliki akan menjadi lebih efisien dan memuaskan.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :