SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 1 Jam 31 Menit 15 Detik

Panduan Belajar Asik dengan Fitur AI Coding DQLab

Belajar Data Science di Rumah 22-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-07-2-2023-07-22-214219_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan Artificial Intelligence berdampak pada derasnya arus teknologi informasi. Kondisi ini membuat banyak perusahaan membutuhkan tenaga data untuk bisa mengilustrasikan dan menerjemahkan data menjadi sebuah informasi yang actionable. Sebagai seorang praktisi data, kemampuan coding merupakan satu prasyarat yang harus dipenuhi karena coding merupakan akar dari semua tugas dan tanggung jawab yang dikerjakan sehari-hari oleh tenaga data baik data analyst, data scientist, maupun data engineer. Sekarang ini, banyak sumber belajar yang bisa mengajarkan kita terkait kemampuan coding. Entah itu melalui website, blog, bahan referensi dari buku, maupun aplikasi ChatGPT juga bisa? Bisa banget!


DQLab sebagai salah satu lembaga kursus data science di Indonesia kini telah mengintegrasikan antara pembelajaran secara live code editor dengan AI. Penerapan AI ini menjadi yang pertama di Indonesia untuk online learning umum di bidang data science dan AI, yang bermanfaat meningkatkan pengalaman belajar yang baik. Melalui pembelajaran yang terintegrasi ini diharapkan peserta bisa belajar dengan nyaman dan tidak kesusahan karena DQLab juga menyediakan fitur Ask AI Chatbot untuk menanyakan kendala dan mendapatkan penjelasan lebih rinci terkait code yang sudah diketikkan sebelumnya apakah ada yang perlu diperbaiki atau tidak. Biar kamu tidak penasaran, kita akan bahas terkait dengan panduan belajar di DQLab menggunakan AI. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Alasan Belajar Coding di Era AI

Coding merupakan dasar bagi pengembangan aplikasi dan sistem yang berbasis AI. Dengan menguasai coding, Anda dapat menciptakan algoritma, mengembangkan model pembelajaran mesin, dan membuat sistem cerdas yang memanfaatkan AI untuk meningkatkan efisiensi dan melakukan otomatisasi tugas-tugas rutin. Penerapan AI dapat membantu organisasi menghemat waktu, sumber daya, dan biaya dengan mengotomatisasi proses bisnis yang kompleks.

Artificial Intelligence

Coding dan AI memberi Anda kemampuan untuk menciptakan solusi baru, mengatasi tantangan, dan menerapkan ide-ide inovatif. Di era AI, terdapat banyak peluang untuk mengembangkan aplikasi dan teknologi yang dapat mengubah cara kerja dan kehidupan kita. Dengan pengetahuan coding, Anda dapat menjadi bagian dari inovasi ini dan memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan AI yang bermanfaat bagi masyarakat.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Fitur Ask AI Chatbot DQLab

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, DQLab memiliki keunikan dalam belajar coding yaitu integrasi langsung dengan AI. Pembelajaran dengan metode tersebut tentunya sangat memudahkan peserta atau member untuk belajar coding tanpa ribet dan bisa langsung berkomunikasi melalui chat lewat fitur Ask AI Chatbot. Mungkin kalian merasa bahwa code yang kamu ketikkan sudah benar atau merasa tidak ada yang terlewat namun sistem mendeteksi bahwa terjadi kesalahan dalam melakukan penginputan code yang telah dituliskan. Nah kamu bisa memanfaatkan fitur ini lebih lanjut.

Artificial Intelligence


3. Keuntungan Belajar Coding dengan AI

Ada beberapa keuntungan jika kamu memulai untuk belajar coding menggunakan AI:


Pembelajaran sepanjang hayat: AI dapat terus memperbarui dan meningkatkan materi pembelajaran. Dengan perkembangan teknologi AI, Anda dapat mengakses pembaruan terbaru tentang bahasa pemrograman, algoritma, atau framework yang sedang tren, sehingga memungkinkan Anda untuk terus mengembangkan keterampilan coding Anda sepanjang hayat.


Eksperimen dengan lingkungan yang aman: Belajar coding melalui AI memungkinkan Anda untuk mencoba berbagai konsep atau teknik tanpa takut merusak sistem atau menghasilkan kesalahan yang berdampak besar. Anda dapat menguji hipotesis, membuat prototipe, dan berkreasi dalam lingkungan yang aman, yang pada gilirannya meningkatkan pemahaman dan kepercayaan diri Anda dalam coding.


Sumber daya pembelajaran yang tak terbatas: Melalui AI, Anda dapat mengakses berbagai sumber daya pembelajaran seperti tutorial, dokumentasi, contoh kode, dan forum diskusi secara online. Anda tidak perlu terbatas pada satu buku atau satu instruktur saja. Dengan berbagai sumber daya yang tersedia, Anda dapat memilih cara belajar yang paling sesuai dengan gaya belajar Anda.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Integrasi dengan Live Code Editor

Live Code Editor (LCE) adalah fitur belajar yang sedang Anda gunakan saat ini. Fitur ini berbeda dengan bagian sebelumnya. Tujuan fitur ini adalah untuk menunjang pengalaman belajar yang baik dengan cara praktik coding dan mendapatkan feedback langsung. LCE sendiri adalah fitur yang sangat lengkap agar Anda mendapatkan pengalaman belajar coding yang terbaik, namun tetap sederhana. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemula dalam mengikutinya, sementara juga tetap nyaman digunakan oleh yang sudah berpengalaman.

Artificial Intelligence


Yuk eksplorasi penggunaan ChatGPT untuk membuat berbagai rumus excel bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login