3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 46 Menit 23 Detik

Pelajari Coding NumPy dengan AI ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 04-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-09-2023-12-04-150253_x_Thumbnail800.jpg

ChatGPT adalah salah satu inovasi yang mampu menjawab berbagai pertanyaan yang kalian ajukan dalam prompt secara real-time. Dengan kelebihan ini, maka tidak heran jika ChatGPT juga digunakan sebagai alat bantu belajar bagi para data enthusiast. Terutama untuk mempelajari Python yang memiliki banyak fungsi dan library.


ChatGPT bisa kalian manfaatkan untuk belajar coding Python. Salah satunya untuk memahami library dasar dan umum digunakan, yaitu NumPy. Bagaimana memanfaatkan produk AI satu ini untuk menuliskan coding? Nah, dalam artikel kali ini kita akan mengenal lebih lanjut library NumPy dan cara memanfaatkan ChatGPT untuk belajar coding NumPy.


Yuk langsuk simak penjelasannya!


1. Apa itu Library NumPy?

Artificial Intelligence

NumPy (Numerical Python) adalah sebuah library dalam bahasa pemrograman Python yang menyediakan dukungan untuk array dan operasi matriks serta fungsi matematika. Dengan NumPy, kalian dapat dengan mudah melakukan manipulasi data numerik yang kompleks dan mengimplementasikan berbagai operasi matematika seperti aljabar linear, transformasi Fourier, dan statistika.


NumPy menjadi dasar bagi banyak library dan framework di ekosistem data science Python, seperti pandas, scikit-learn, dan TensorFlow. Dengan NumPy, kalian dapat bekerja dengan data multidimensional dan melakukan komputasi numerik secara efisien. Dengan menyediakan struktur data array yang efisien dan berbagai fungsi operasi, NumPy menjadi library dasar untuk pengolahan data numerik selama proses analisis data.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Fungsi NumPy Python

Salah satu kegunaan utama NumPy adalah menyediakan struktur data array multidimensional sehingga kalian dapat merepresentasikan dan memanipulasi data numerik. Dengan menggunakan array NumPy, kalian dapat melakukan operasi matematika, statistika, dan manipulasi data secara lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan menggunakan struktur data bawaan Python seperti list.


Selain itu, NumPy juga digunakan secara luas dalam konteks machine learning dan data science. Library dan framework populer seperti scikit-learn, pandas, dan TensorFlow bergantung pada NumPy untuk operasi dasar dalam manipulasi dan representasi data numerik.


NumPy juga berguna untuk visualisasi data. Dengan menyediakan struktur data array yang efisien, NumPy memudahkan kalian mempersiapkan data numerik untuk visualisasi menggunakan library seperti Matplotlib atau Seaborn. 


3. Contoh Penggunaan NumPy

Misalkan kalian memiliki dataset penjualan bulanan yang tersimpan dalam bentuk array NumPy. Setiap elemen array mewakili jumlah penjualan per bulan selama satu tahun. Tugas kalian melakukan beberapa analisis statistik dasar, seperti mencari rata-rata penjualan, menghitung total penjualan, dan menemukan bulan dengan penjualan tertinggi dan terendah.

Artificial Intelligence


Dalam contoh ini, NumPy digunakan untuk melakukan operasi statistik seperti mencari rata-rata, total, serta menemukan bulan dengan penjualan tertinggi dan terendah. NumPy mempermudah manipulasi array dan operasi matematika pada data numerik.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Cara Belajar NumPy dengan ChatGPT

Lalu bagaimana menggunakan ChatGPT untuk paham coding NumPy? Pertama, kalian harus menyiapkan prompt deskripsi yang spesifik menjelaskan kondisi data kalian. Hal ini dikarenakan ChatGPT tidak bisa membaca dataset secara akurat. Contoh promptnya seperti ini.

Artificial Intelligence


Secara langsung, ChatGPT akan membantu kalian untuk belajar mulai dari cara instal hingga praktik penggunaannya secara sederhana.

Artificial Intelligence


Berikut lanjutan pembahasan yang diberikan ChatGPT.

Artificial Intelligence


Nah, proses belajar analisis dan eksplorasi dataset jadi lebih mudah kan? Yuk, eksplorasi lebih jauh lagi penggunaan ChatGPT bersama DQLab. Modul ajar di platform ini dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri.


Jadi, tidak terbatas seperti contoh di atas, nih. DQLab juga mengintegrasikan modul dan ChatGPT, sehingga:

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dan persiapkan diri untuk mahir membuat code dan menjadi praktisi data yang andal! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :