SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 43 Menit 9 Detik

Penanganan Kasus Rumus Excel Error dengan ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 19-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-09-2023-09-20-133449_x_Thumbnail800.jpg

Dalam belajar Excel, seringkali pemula menjumpai permasalahan yang sepele tapi bisa bikin pusing kepala kalau kita tidak pandai mengatasinya. Salah satunya adalah penggunaan rumus Excel yang tidak sesuai dengan penggunaan maupun ketika rumus tersebut diketikkan justru keluar error.


Kesalahan yang notabenenya paling umum dialami oleh pemula yang baru belajar Excel adalah adanya indikasi penggunaan rumus yang tidak sesuai. Ada banyak bentuk kesalahan penggunaan rumus yang bisa terjadi, misal kekurangan tanda matematis, tanda kurung, huruf, atau cell range yang menjadi acuan data dalam rumus. 


Ketika rumus yang sudah kita ketikkan ternyata tidak keluar hasil sesuai yang diharapkan maka bisa saja kamu butuh penanganan khusus dengan menggunakan bantuan ChatGPT. ChatGPT sebagai salah satu produk berbasis AI dan Machine Learning juga dapat membantu dalam menangani rumus Excel yang error karena sesuatu hal.


Nah, apa saja ya kode-kode yang berpotensi rentan terjadinya error pada Excel? Terus bagaimana juga ya penanganannya? Ada baiknya kamu bisa simak cara mengatasinya lewat artikel yang satu ini yuk sahabat DQLab!


1. Munculnya Kode #NUM di Excel

Kesalahan yang paling sering muncul dalam membuat rumus Excel adalah kode #NUM! Konon kabarnya, kode ini akan muncul dalam Excel jika rumus yang telah ditulis mengandung angka atau karakter yang tidak valid. Kasus error ini sering terjadi bilamana pengguna memasukkan angka atau data dengan format spesifik misalnya pada bagian currency atau mata uang. 

Chat GPT


Cara jitu dalam menyelesaikan error ini adalah memasukkan angka tanpa perlu format apapun. Misal memasukkan format Rp 5.000,00, masukkan angka tanpa embel-embel mata uangnya misal 5000 saja.


Cara lain menyelesaikan error ini adalah dengan mengaktifkan iterative calculation. Caranya adalah:

  • Klik File, lalu pilih Options.

  • Pilih tab Formulas. Lalu, di bagian Calculation options, aktifkan opsi Enable iterative calculation.

Chat GPT

Sumber Gambar: Ablebits.com


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Kode #VALUE! di Excel

Selanjutnya adalah kode #VALUE! yang biasanya muncul saat ada kesalahan penulisan rumus yang terdapat pada cell range yang kamu masukkan dalam rumus.

Chat GPT

Sumber Gambar: MyExcelOnline


Ada beberapa saran yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi situasi ini, seperti berikut:

  • Melakukan uji coba cepat. Pada lembar kerja baru, ketik angka 2 pada sel A1 dan angka 4 pada sel B1. Kemudian, masukkan rumus = B1 - A1 pada sel C1. Jika Anda mendapatkan kode kesalahan #VALUE!, buka pengaturan Region di Control Panel Windows. Pergi ke tab Formats, lalu klik Additional settings dan cari opsi List separator. Jika Anda menemukan tanda minus (-), ubahnya ke simbol lain, seperti titik koma (;).

  • Klik OK, dan buka kembali file Excel Anda. Jika kode kesalahan #VALUE! masih muncul, perbaiki rumus tersebut. Jika ada koma di tempat yang semestinya menggunakan tanda minus, gantilah dengan tanda minus. Tekan ENTER, dan ulangi langkah ini untuk semua sel yang mengalami kesalahan.

  • Hilangkan spasi yang ada dalam sel. Spasi dalam sebuah sel bisa menyebabkan kesalahan karena Excel akan menganggap sel tersebut kosong.

  • Gantilah rumus operasi matematika dengan fungsi. Sebagai contoh, daripada menulis =A2 + B2 + C2, Anda bisa menggunakan fungsi =SUM(A2:C2). Atau, daripada menulis =A2 * B2, Anda dapat menggunakan fungsi =PRODUCT(A2, B2).


3. Kode #N/A di Excel

Selanjutnya adalah kode #N/A. Kode ini sering terjadi ketika rumus atau formula XLOOKUP, VLOOKUP, HLOOKUP, MATCH maupun LOOKUP. Permasalahannya adalah data yang dicantumkan dalam rumus tidak keluar.


Cara terbaik dalam memperbaiki error ini adalah angka yang dijadikan acuan dalam penghitungan. Bisa juga dengan menggunakan formula IFERROR untuk mendeteksi adanya error atau tidak pada rumus yang telah dituliskan.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Kode #DIV/0! di Excel

Kode error yang biasanya paling muncul dalam Excel adalah #DIV/0!. Kode tersebut menandakan bahwa rumus yang kamu tulis akan membagi dengan angka 0 atau sama dengan 0. Artinya excel tidak bisa menampilkan hasil dari rumus yang sudah ditulis.


Ketika kode error ini muncul, kemungkinan besar rumus yang sudah ditulis tidak lengkap atau data yang kamu jadikan acuan bisa saja tidak lengkap/tersedia.


Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki error #DIV/0! ini:

  • Pastikan bahwa pembagi dalam fungsi atau rumus yang kamu tulis bukan 0 bahkan cell kosong

  • Ubah cell range rumus yang telah ditulis ke cell lain yang tidak bernilai 0 atau kosong

  • Masukkan #N/A di cell range yang dimasukkan sebagai pembagi dalam rumus. Dengan mengikuti cara tersebut, hasilnya nanti akan mengubah hasil rumus menjadi #N/A untuk menunjukkan bahwa angka pembagi tidak tersedia.


Penggunaan Chat GPT sering kita jumpai ketika membuka website atau halaman tertentu. Chat GPT ini secara umum dapat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh pengguna. Salah satunya dengan menggunakan rumus Excel


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login