JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 9 Jam 33 Menit 32 Detik

Penjelasan Output AI ChatGPT, Coding di DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 23-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-09-2023-09-23-142842_x_Thumbnail800.jpg

Belajar Artificial Intelligence belakangan ini menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan apabila kamu adalah seorang pemula yang sedang belajar coding. Pasalnya coding merupakan keterampilan yang sedang dicari oleh banyak perusahaan.


Kondisi ini menuntut beberapa lembaga mulai mengeluarkan terobosan baru dalam belajar coding yang anti membosankan namun materi dan pembelajarannya dapat aplikatif khususnya di dunia kerja nanti. DQLab merupakan salah satu website belajar coding yang bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika kamu sudah buntu banget dengan belajar coding yang itu-itu saja.


Disini kamu bisa belajar coding yang langsung terintegrasi dengan AI atau Artificial Intelligence layaknya ChatGPT. Kalian tidak hanya belajar secara materi yang lebih dalam namun juga sama-sama belajar soal coding yang sudah kamu ketikkan, salahnya dimana, kurangnya apa dan lain-lain.


Penjelasannya juga mudah dipahami oleh orang awam yang sama sekali bingung soal ilmu data. Terobosan baru lainnya adalah ada beberapa hint (petunjuk) yang bisa digunakan ketika kamu ingin tahu jawabannya. Misalnya “jelaskan code dong” yang membantu kamu untuk menjelaskan code apa yang sedang kita pelajari saat ini.


Ada 4 hint yang bisa kamu maksimalkan dalam belajar coding di DQLab. Apa aja? Simak penjelasan berikut ini ya sahabat DQLab!


1. Jelaskan Code Dong!

Pada output ini, ketika kita klik maka user akan mendapatkan jawaban dari code yang sedang kita pelajari. Dalam metode belajar coding di DQLab, kita akan menemukan beberapa jenis materi dan setiap materinya disertakan pula praktik dan contoh dari codingnya. Misalnya seperti ini

Chat GPT


Pada code editor diatas, dalam fitur AI Ask Chatbot yang disediakan oleh DQLab akan menjabarkan secara detail dari code yang sedang kita ketikkan. Kode tersebut menyatakan bahwa variabel a memiliki nilai 3, variabel b memiliki nilai 5, dan variabel c memiliki nilai 7. Lalu, kode mencetak hasil penjumlahan variabel a dan variabel c, yaitu 10.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Kok Jawabanku Salah?

DQLab sendiri menyediakan fitur run dan submit. Run berarti code yang sudah kita tulis akan dijalankan secara langsung by sistem. Sedangkan submit berarti code kita akan diperiksa dan dicek apakah benar atau salah.


Apabila jawaban kita salah sementara pengguna bingung salahnya dimana maka kita bisa klik fitur ask chatbot “kok jawabanku salah?” Nantinya sistem akan menjelaskan kesalahan masing-masing code secara detail. Jadi sistem akan menjabarkan masing-masing part dari code yang sudah tersedia, kemudian akan ditandai kesalahan mana yang memungkinkan jawaban kita menjadi error

Chat GPT


Dengan petunjuk yang diberikan oleh sistem AI ini, pengguna bisa langsung melihat dan memperbaiki codingannya. 


3. Loh kenapa error?

Setelah diperbaiki ternyata masih error juga? Nampaknya kamu sudah mulai lelah dan butuh banget jawaban akan hal ini. Kamu bisa menggunakan fitur ask “loh kenapa error” pada console. Akan ada jawaban yang muncul yaitu “tidak memiliki error” apabila coding yang sudah kita tulis itu benar.


Chat GPT


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Hibur aku dong!

Saat belajar coding pastinya sungguh melelahkan dan membuat kita sedikit hampir menyerah. Apalagi kalau sudah berhadapan dengan yang namanya error, jadi makin pusing pastinya. Ketika user klik chatbot “hibur aku dong” maka DQLab akan memberikan quotes atau kata-kata penyemangat sebelum kita lanjut untuk belajar lagi.


Melalui chatbot ini, kita jadi makin disadarkan bahwa setiap orang punya gaya belajar dan ritme masing-masing dalam belajar. Berikut adalah contoh-contohnya


Chat GPT


Dengan fitur Ask AI Chatbot yang disediakan oleh DQLab pastinya akan sangat membantu kamu dalam belajar coding yang seru dan menyenangkan. 


Yuk, eksplorasi ChatGPT untuk kebutuhan belajar tentang data bersama DQLab. Kenapa harus DQLab? Sebagai platform belajar online terbaik, modul ajarnya dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan ChatGPT, sehingga:


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dan persiapkan diri untuk menjadi praktisi data yang andal! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login