Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Selain AI ChatGPT, Karakter DQLab Bantu Kamu Belajar

Belajar Data Science di Rumah 01-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-09-2024-03-02-082748_x_Thumbnail800.jpg

Selain teknologi AI dan fitur live code editor, salah satu hal yang menjadi pembeda antara DQLab dengan lembaga kursus lainnya adalah adanya karakter yang mendukung gaya bercerita storytelling. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan memikat.


Karakter-karakter yang hadir dalam platform pembelajaran AI seperti DQLab tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai narator yang membawa member menyelami perjalanan yang menarik melalui dunia data science. Dengan kehadiran karakter-karakter ini, suasana belajar menjadi lebih hidup dan personal, membantu siswa untuk merasa lebih terhubung dengan materi pembelajaran.


Karakter-karakter dalam platform pembelajaran seperti DQLab juga dapat digunakan untuk menyajikan informasi dengan cara yang lebih mudah dipahami. Mereka dapat memberikan contoh-contoh nyata, analogi, atau cerita-cerita yang relevan untuk menjelaskan konsep-konsep yang kompleks dalam data science. Dengan demikian, siswa dapat lebih mudah memahami dan menginternalisasi materi pembelajaran.


Kali ini, kita akan bahas kira-kira sepenting apa ya gaya bercerita dan menonjolkan karakter untuk mendukung gaya pembelajaran AI khususnya pada ranah data science. Simak lebih lanjut penjelasannya yuk sahabat DQLab!


1. Membawa konsep pembelajaran yang unik ke dalam konteks yang memikat

Storytelling telah digunakan selama berabad-abad sebagai alat untuk mentransmisikan pengetahuan dan nilai. Dalam konteks pembelajaran data science, storytelling membantu mengaitkan konsep-konsep yang kompleks dengan skenario dunia nyata, membuatnya lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa.


Berikut adalah beberapa cara di mana storytelling dapat digunakan dalam pembelajaran online data science:

  • Case Studies: Menggunakan studi kasus nyata atau skenario fiksi yang menantang siswa untuk menerapkan konsep-konsep data science yang telah dipelajari dalam situasi praktis.

  • Visualisasi Naratif: Membuat visualisasi data yang menarik yang menceritakan cerita tentang tren atau pola yang ditemukan, membantu siswa memahami interpretasi yang mendalam dari data.

  • Simulasi Interaktif: Membangun simulasi atau permainan interaktif yang memungkinkan siswa untuk mengalami proses analisis data secara langsung, memungkinkan pembelajaran berbasis pengalaman.

Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Integrasi Holistik antara Pengembangan Karakter dan Gaya Bercerita

Yang terpenting, keberhasilan pembelajaran online data science tergantung pada integrasi yang holistik antara storytelling dan pengembangan karakter. Ini bisa dilakukan dengan:

  • Menyelaraskan Kisah dengan Pembelajaran Karakter: Menggunakan cerita untuk menunjukkan pentingnya keterampilan tertentu dalam konteks pekerjaan data science dan bagaimana keterampilan tersebut memengaruhi narasi keseluruhan.

  • Menghubungkan Kasus Studi dengan Keterampilan yang Dibutuhkan: Memilih studi kasus yang tidak hanya memperkenalkan konsep-konsep data science tetapi juga memerlukan siswa untuk mengembangkan keterampilan seperti keterampilan komunikasi dan kemampuan manajemen waktu.

  • Memberikan Umpan Balik yang Berorientasi pada Karakter: Memberikan umpan balik yang konstruktif tidak hanya tentang pemahaman konsep teknis tetapi juga tentang kemajuan siswa dalam mengembangkan keterampilan dan karakter yang dibutuhkan.


Artificial Intelligence

3. Tersedia 6 karakter unik yang dikemas dalam cerita di DQLab Universe

Dalam lingkungan DQLab, kami teguh dalam keyakinan tersebut, yang tercermin dalam dedikasi kami untuk terus berkembang melalui inovasi dan pembelajaran bersama dengan anggota-anggota DQLab. Dengan semangat ini, DQLab berusaha untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan komunitas, dengan memperkenalkan karakter-karakter luar biasa yang akan menemani Anda dalam perjalanan belajar ilmu data di DQLab.


Karakter-karakter ini memiliki berbagai kelemahan, seperti kehilangan pendengaran, kecacatan fisik, dan sifat emosional, namun mereka semua dipenuhi dengan semangat besar untuk terus berkembang dan bekerja sama dalam tim. Karakter-karakter ini akan menjadi bagian dari apa yang disebut sebagai "Semesta DQLab" atau "DQLab Universe".


Ada 6 karakter yang diperkenalkan dalam DQLab Universe yaitu Aksara (Data Analyst), Sunyi (Data Scientist), Antara (Data Engineer), Kroma (Manager yang Berkharisma), Andra (Senior Data Scientist), dan Senja (Senior Data Analyst).


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Karakter unik yang menarik membuat motivasi belajar jadi meningkat

Siapa sangka bila penggunaan karakter yang unik ini bisa meningkatkan motivasi belajar dengan memberikan sentuhan personal yang membuat member merasa lebih engage dengan materi pembelajaran. Dengan karakter-karakter yang memiliki kelebihan dan kekurangan, siswa dapat merasa lebih terhubung dengan perjuangan mereka dan merasa terinspirasi untuk mengatasi tantangan yang mungkin mereka hadapi dalam pembelajaran ilmu data.


Hal ini juga dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, di mana setiap siswa merasa diterima dan didukung dalam perjalanan mereka untuk menguasai konsep-konsep yang kompleks.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login