SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 56 Menit 49 Detik

Tahap Gampang AI ChatGPT untuk Bikin Rumus Excel

Belajar Data Science di Rumah 20-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-09-2024-05-21-202409_x_Thumbnail800.jpg

Artificial Intelligence (AI) semakin hari semakin memudahkan hidup kita. Salah satu teknologi yang sedang populer adalah ChatGPT, yang bisa membantu dalam berbagai hal, termasuk membuat rumus Excel. Bayangkan, sekarang kamu bisa membuat rumus Excel yang rumit hanya dengan beberapa langkah sederhana menggunakan bantuan ChatGPT. Gak perlu pusing-pusing lagi deh!


Banyak orang merasa rumus Excel itu sulit dan membingungkan. Namun, dengan bantuan ChatGPT, kamu bisa membuat dan memahami rumus Excel dengan lebih mudah. Artikel ini akan membahas lima tahapan mudah yang bisa kamu ikuti untuk membuat rumus Excel menggunakan ChatGPT. Mari kita mulai petualangan kita dalam mempermudah pekerjaan sehari-hari dengan teknologi!


1. Mulai dengan Pertanyaan yang Jelas

Langkah pertama dalam menggunakan ChatGPT untuk membuat rumus Excel adalah memastikan kamu tahu apa yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu ingin menjumlahkan beberapa angka di kolom, tanyakan dengan jelas kepada ChatGPT. Ketik saja, “Bagaimana cara menjumlahkan kolom A di Excel?”. Dengan pertanyaan yang jelas, ChatGPT akan memberikan jawaban yang tepat dan mudah dimengerti.

Artificial Intelligence


Dengan memberikan pertanyaan yang spesifik, ChatGPT bisa langsung memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ini membantu menghemat waktu dan mengurangi kebingungan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Gunakan Bahasa yang Sederhana

ChatGPT bekerja paling baik ketika kamu menggunakan bahasa yang sederhana dan langsung. Jangan takut untuk menggunakan bahasa sehari-hari. Misalnya, jika kamu ingin menghitung rata-rata nilai di kolom tertentu, cukup tanya, “Gimana cara hitung rata-rata di kolom B?”. ChatGPT akan memberikan jawaban yang simpel dan mudah dipahami.

Artificial Intelligence


Penggunaan bahasa yang sederhana dan to the point membantu ChatGPT untuk memahami pertanyaanmu dengan lebih baik dan memberikan jawaban yang tepat.


3. Cek dan Uji Jawaban

Setelah mendapat jawaban dari ChatGPT, langkah berikutnya adalah mencoba langsung di Excel. Masukkan rumus yang diberikan dan lihat hasilnya. Jika ada yang tidak sesuai atau tidak berjalan seperti yang diharapkan, kamu bisa kembali bertanya ke ChatGPT untuk klarifikasi atau meminta solusi alternatif.

Artificial Intelligence


Langkah ini penting untuk memastikan bahwa rumus yang kamu gunakan benar-benar bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Jika ada masalah, ChatGPT bisa membantu memberikan penjelasan tambahan atau solusi lain.


4. Eksplorasi Fitur Lain

ChatGPT tidak hanya bisa membantu dengan rumus dasar, tapi juga fitur-fitur Excel lainnya. Coba tanyakan tentang fitur-fitur yang mungkin belum kamu tahu, seperti cara menggunakan VLOOKUP, membuat pivot table, atau menggabungkan beberapa rumus menjadi satu. Dengan begitu, kamu bisa memperluas pengetahuanmu tentang Excel dan menjadi lebih mahir.

Artificial Intelligence

  • Kamu: “Bagaimana cara pakai VLOOKUP di Excel?”

  • ChatGPT: “Gunakan rumus `=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])` untuk mencari data di kolom pertama dari rentang yang kamu tentukan, lalu memberikan nilai dari kolom yang kamu tentukan di baris yang sama.”


Dengan memanfaatkan fitur-fitur tambahan ini, kamu bisa membuat spreadsheet yang lebih kompleks dan berguna untuk berbagai keperluan.


5. Belajar dari Hasilnya

Setiap kali kamu mendapat jawaban dan mencoba rumus baru, luangkan waktu untuk memahami bagaimana rumus itu bekerja. Dengan begitu, kamu tidak hanya menyalin rumus, tetapi juga benar-benar belajar dan memahami cara kerja Excel. Ini akan sangat berguna untuk proyek-proyek kamu di masa depan.

Artificial Intelligence

  • Kamu: “Gimana rumus `=VLOOKUP` bisa cari data?”

  • ChatGPT: “Rumus ini mencari nilai di kolom pertama dari rentang yang kamu tentukan, lalu memberikan nilai dari kolom yang kamu tentukan di baris yang sama.”


Memahami logika di balik rumus-rumus ini akan memperkaya pengetahuanmu dan membuatmu lebih percaya diri dalam menggunakan Excel. Dengan terus berlatih dan mencoba hal-hal baru, kamu akan semakin mahir dalam menggunakan Excel dan memaksimalkan fungsinya.

Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Yuk eksplorasi penggunaan ChatGPT untuk membuat berbagai rumus excel bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login