PROMO 12.12! DISKON 90%
Belajar Data 6 Bulan hanya Rp120K!

0 Hari 1 Jam 16 Menit 52 Detik

Tips Gunakan ChatGPT untuk Cover Letter

Belajar Data Science di Rumah 21-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-09-2023-09-22-180656_x_Thumbnail800.jpg

Cover letter merupakan salah satu hal yang penting ketika kita ingin melamar kerja. Pasalnya cover letter adalah surat pengantar ketika kita ingin mengirimkan beberapa dokumen yang telah tercantum dalam lamaran pekerjaan.


Sederhananya, surat inilah yang akan merangkum semua isi dokumen, tujuan pengirim untuk mengirimkan surat tersebut, beserta hal-hal lain yang ingin disampaikan berkenaan dengan lamaran yang akan dituju. Isi cover letter biasanya lebih singkat jika dibandingkan dengan CV. 


CV berisi deskripsi pelamar secara mendetail namun untuk cover letter hanyalah pengantar singkat dan informasinya tidak mendetail. Pastikan cover letter yang kamu buat sudah memuat informasi penting seperti kontak, alamat, perusahaan tujuan, ketertarikan pelamar dalam melamar perusahaan yang dituju sehingga informasi tersebut tersedia dalam satu halaman.


Bagi seorang pemula, menulis cover letter secara langsung memang terbilang susah susah gampang. Kalau tidak terbiasa dan tidak tahu bagaimana formatnya pasti akan kesulitan. Untungnya sekarang ada ChatGPT yang bisa membantu pelamar dalam membuat cover letter.


ChatGPT memberikan opsi dan format untuk membuat cover letter dalam bentuk prompt yang telah disediakan. Disana nantinya kamu bisa memberikan deskripsi secara spesifik terkait posisi yang dilamar beserta alasan-alasannya. Nah untuk lebih jelas terkait dengan bagaimana cara membuatnya, kamu bisa kepoin postingan berikut ini ya sahabat DQLab!


1. Apa itu Cover Letter

Cover letter adalah sebuah surat yang biasanya disertakan bersama dengan CV atau resume saat Anda melamar pekerjaan atau posisi tertentu.


Tujuan utama dari cover letter adalah untuk memperkenalkan diri Anda kepada calon pemberi kerja, menjelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut, dan menyoroti kualifikasi dan keterampilan Anda yang relevan.


Chat GPT

Sumber Gambar: Canva


Cover letter adalah peluang calon pelamar untuk memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang diri Anda kepada calon pemberi kerja dan menjelaskan mengapa Anda adalah kandidat yang cocok untuk posisi tersebut.


Pastikan untuk menyesuaikan setiap cover letter dengan posisi yang Anda lamar agar sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan perusahaan tersebut.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Pentingnya Cover Letter dalam Melamar Kerja

Cover letter atau surat lamaran merupakan komponen penting dalam proses pencarian pekerjaan. Meskipun beberapa perusahaan mungkin tidak selalu mengharuskan pelamar untuk mengirimkan surat lamaran, ada beberapa alasan mengapa cover letter tetap penting:


Memberikan Kesempatan untuk Memperkenalkan Diri: Cover letter memberikan kesempatan kepada Anda untuk memperkenalkan diri secara lebih pribadi dan kontekstual. Anda dapat menjelaskan siapa Anda, latar belakang Anda, dan mengapa Anda tertarik dengan posisi dan perusahaan tersebut.


Menyoroti Keterampilan dan Pengalaman: Dalam cover letter, Anda dapat menyoroti keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Ini memungkinkan Anda untuk mengaitkan kualifikasi Anda dengan kebutuhan perusahaan.


Menunjukkan Antusiasme dan Penelitian: Melalui cover letter, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda telah melakukan penelitian tentang perusahaan tersebut dan memahami apa yang mereka cari dalam seorang karyawan. Hal ini menunjukkan antusiasme Anda dan komitmen untuk posisi tersebut.


Banyak perusahaan yang sangat menghargai cover letter yang ditulis dengan baik. Cover letter yang disusun yang bagus dapat membantu Anda untuk cepat mendapatkan perhatian dari perusahaan.


Surat ini dapat memberi Anda kesempatan untuk menguraikan cerita Anda sebelum mendapatkan kesempatan untuk wawancara dengan perusahaan.


3. Komponen Isi dalam Cover Letter

Secara struktur, Cover letter memiliki beberapa komponen yang ada didalamnya antara lain:

1. Pembuka

Bagian pertama cover letter, pembukaan surat lamaran harus berisi pengenalan diri. Tuliskan tentang siapa Anda, apa keahlian Anda, dimana Anda menemukan informasi tentang lowongan pekerjaan, dan mengapa Anda ingin melamar pekerjaan tersebut.


2. Isi

Paragraf kedua cover letter Anda harus menanggapi langsung terkait dengan informasi lamaran kerja kamu dapat darimana, deskripsi pekerjaan yang ditulis oleh perekrut.


Jelaskan bagaimana pengalaman kerja, keterampilan, dan kemampuan Anda sebelumnya akan membantu Anda memenuhi kebutuhan perusahaan. Untuk membuatnya lebih mudah, Anda harus memasukkan kata dan frasa yang tepat dari deskripsi pekerjaan di surat lamaran Anda.


Anda dapat menyertakan daftar pencapaian Anda dalam bentuk poin-poin. Pastikan untuk menggunakan angka atau persentase untuk menekankan poin-poin Anda (misalnya, Anda pernah meningkatkan pendapatan penjualan sekian %).


Lakukan riset tentang perusahaan dan cari tahu apa kegiatan dan tujuan mereka saat ini. Jelaskan bagaimana Anda dapat membantu mereka mencapai tujuan tersebut.


3. Penutup

Penutup cover letter adalah bagian ajakan bertindak dari surat lamaran Anda. Sampaikan pada perekrut mengenai harapan Anda ingin dipanggil untuk wawancara.


Berikan alamat email Anda atau informasi kontak lainnya dan sampaikan juga bahwa Anda siap untuk dipanggil dalam periode waktu tertentu dan akan menghubungi dalam satu minggu jika Anda tidak mendapat balasan. Terakhir, berterima kasihlah kepada mereka karena telah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran Anda.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Contoh Cover Letter dengan Menggunakan ChatGPT

Berikut adalah contoh dari cover letter menggunakan ChatGPT

[Alamat Anda]

[Tanggal]


[Nama Penerima]

[Posisi Penerima]

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]


Dear [Nama Penerima],


Saya menulis untuk mengungkapkan minat dan antusiasme saya yang besar untuk posisi [Nama Posisi] di [Nama Perusahaan], yang saya temukan melalui [sumber pengumuman pekerjaan].


Dengan latar belakang saya yang kuat dalam bidang [Bidang Anda], saya percaya bahwa saya memiliki kemampuan dan pengalaman yang relevan untuk berkontribusi secara signifikan kepada [Nama Perusahaan] dan membantu mencapai tujuan perusahaan.


Saat ini, saya bekerja sebagai [Posisi Saat Ini] di [Nama Perusahaan Saat Ini], di mana saya telah berhasil [deskripsi tugas dan prestasi utama Anda]. Saya memiliki keahlian dalam [sebutkan beberapa keterampilan yang relevan seperti analisis data, pemrograman, atau pemrosesan data] dan telah berhasil [sebutkan proyek atau pencapaian yang menonjol].


Pengalaman saya dalam [sebutkan aspek pekerjaan yang relevan] telah memungkinkan saya untuk mengembangkan kemampuan [sebutkan kemampuan kunci] dan menghadapi tantangan dengan solusi yang inovatif.


Apa yang menarik saya pada [Nama Perusahaan] adalah [sebutkan alasan spesifik mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut, misalnya, visi, misi, produk, atau budaya perusahaan].


Saya sangat terinspirasi oleh [sebutkan prestasi atau nilai perusahaan] dan bersemangat untuk bergabung dengan tim yang luar biasa di [Nama Perusahaan].


Saya percaya bahwa kolaborasi tim yang kuat adalah kunci untuk kesuksesan dalam bidang [Bidang Anda], dan saya senang berkontribusi pada budaya kerja yang mendukung itu. Saya sangat antusias tentang kesempatan untuk [deskripsi bagaimana Anda akan berkontribusi pada perusahaan] di [Nama Perusahaan].


Terlampir adalah CV saya yang merinci pengalaman, keterampilan, dan pendidikan saya. Saya berharap dapat memiliki kesempatan untuk berbicara lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat membantu [Nama Perusahaan] mencapai tujuannya. Saya siap untuk menjalani wawancara kapan saja yang sesuai untuk Anda.


Terima kasih atas pertimbangan Anda terhadap aplikasi saya. Saya berharap dapat bergabung dengan [Nama Perusahaan] dan menjadi bagian dari tim yang hebat ini. 


Hormat saya,


[Tanda Tangan Anda (jika aplikasi fisik)]

[Nama Anda]

[Tanda Tangan Elektronik Anda (jika aplikasi online)]


Chat GPT


Selain mengetahui definisi dan cara penggunaan Chat GPT lebih baik kita juga mengetahui dasar-dasar penerapan penggunaan artificial intelligence, salah satunya adalah dengan menguasai data science.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :