SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 51 Menit 19 Detik

Tips Menggunakan ChatGPT untuk Buat Rumus Excel

Belajar Data Science di Rumah 20-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e3134ef3-6742-4e1e-a239-9831ed106db1-2023-06-20-190058_x_Thumbnail800.jpeg

Menemukan rumus yang paling tepat untuk mendapatkan hasil di excel, terutama bagi orang-orang yang biasa menggunakan banyak data merupakan suatu tantangan tersendiri. Namun, di era teknologi mencari cara untuk menulis rumus excel yang tepat untuk mempermudah pekerjaan bukanlah hal yang sulit. Hal ini karena banyaknya mesin otomatis yang dibangun dengan dasar artificial intelligence yang bisa membantu kita untuk mencari informasi mengenai apapun, termasuk untuk membuat rumus excel. Salah satu teknologi baru yang bisa membantu pekerjaan tersebut adalah ChatGPT. Dengan ChatGPT kita bisa membuat rumus excel dengan sangat mudah, seperti pepatah 'bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras'.


ChatGPT dan bot chat AI lainnya dapat membantu kita untuk membuat rumus spreadsheet Excel secara gratis dan tanpa harus mendaftar ke situs web khusus dengan mudah dan cepat. Cara kerja teknologi ini sama seperti Excel Formula Bot. untuk menggunakan ChatGPT untuk membuat rumus Excel memerlukan akses ke Microsoft Excel atau Google Sheets, karena kita dapat menggunakan rumus ini untuk kedua aplikasi. Kita juga memerlukan akun OpenAI untuk mengakses ChatGPT. Namun demikian, ada hal yang perlu diingat. Meskipun chatbot AI ini memiliki informasi, mereka masih belum berpengalaman dalam hal nuansa seperti manusia dan mereka dapat membuat kesalahan atau salah menafsirkan perintah.


Oleh karena itu, pada artikel kali ini DQLab akan memberikan tips cara membuat rumus excel dengan ChatGPT agar rumus yang ditampilkan oleh mesin AI ini sesuai dengan kebutuhan kita. 


1. Buka File Excel dan Web ChatGPT

Pertama, buka file Excel atau spreadsheet Spreadsheet dan buka chat.openai.com untuk mengakses ChatGPT. Jika kamu belum memiliki akun, kamu bisa login menggunakan email atau cara lain yang tertera pada web tersebut. Setelah masuk, kamu akan diarahkan ke percakapan dengan ChatGPT. Berikut adalah tampilan awalnya. Untuk membuat chat baru, kamu bisa klik menu ‘new chat’ di bagian kiri atas.

Sumber gambar: dokumen penulis


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


2. Tidak Berbelit-belit

Jika sudah berhasil masuk ke menu chat, satu hal yang perlu kamu ingat, ChatGPT adalah mesin yang bekerja sesuai ‘setting’ yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, agar hasil yang didapatkan lebih optimal gunakan kalimat yang sederhana yang bisa mencakup seluruh pertanyaan atau perintahmu. 


Untuk membuat rumus excel dengan ChatGPT, kamu harus menjelaskan secara eksplisit kepada AI chatbot apa yang ingin kamu lakukan dengan formula tersebut. Again, gunakan kalimat yang jelas karena kesalahan apa pun yang dibuat ChatGPT merupakan akibat dari kesalahpahaman dapat menyebabkan nilai yang tidak akurat di tabel excel kamu. Jadi, gunakan bahasa sederhana yang jelas dan to the point ya! Misalnya, kita ingin menghitung pajak penjualan dari nilai moneter di kolom F, dengan rate 6%. Kita bisa menuliskan kalimat perintah ‘write an Excel formula to calculate the sales tax of the monetary value in column F, at a 6% rate’.

Sumber gambar:  Maria Diaz


3. Copy Formula dan Cek Kembali

Setelah hasilnya muncul, Salin rumus dari ChatGPT dan paste ke cell excel yang ingin kamu isi dengan hasilnya. Kamu juga bisa melakukan pengeditan jika diperlukan. Meskipun ChatGPT ini cukup ‘pintar’ namun kita harus tetap melakukan double check agar hasil perhitungan yang didapatkan sesuai. Kamu tidak mau bukan pekerjaan yang seharusnya lebih mudah justru harus dikerjakan dua kali karena ada kesalahan?



4. Apakah Ada Cara Menggunakan AI untuk Rumus Excel?

Idealnya, kita dapat dengan mudah membuat rumus pada excel semudah kita membuatnya dengan ChatGPT. Tahukah kamu jika excel sudah memiliki tools AI yang sudah ada di dalam program? Yaps, saat ini Microsoft telah meluncurkan seperangkat tools AI untuk banyak produknya, termasuk rangkaian program Microsoft 365 bernama Copilot. Penasaran untuk mencobanya?

Sumber gambar:  Co TCS, Technology HUB


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


Yuk pelajari berbagai fitur excel sekaligus assisted by ChatGPT bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin akses semua modul DQLab? Yuk signup sekarang!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login