3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 7 Menit 44 Detik

Tutorial Buat Rumus Statistik Excel di AI ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 27-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-09-2023-11-27-172816_x_Thumbnail800.jpg

ChatGPT adalah salah satu produk inovasi artificial intelligence yang kini populer dan mulai digunakan untuk meningkatkan efisiensi pekerjaan. Begitu juga untuk memahami fungsi dan rumus Excel yang cukup banyak dan kompleks. Salah satunya adalah rumus statistik. Mulai dari yang dasar seperti MEAN hingga untuk mencari tahu kolerasi antar variabel dengan fungsi CORREL.


Nah, karena menggunakan konsep artificial intelligence, maka kalian hanya perlu memberikan prompt spesifik yang sesuai dengan kebutuhan ketika menggunakan ChatGPT. Apalagi untuk analisis data, jika ada kesalahan penulisan pada prompt bisa saja output yang diberikan ChatGPT juga kurang tepat. Yuk, langsung cari tahu cara menggunakan ChatGPT untuk membuat rumus statistik di sini!


1. Pentingnya Rumus Statistik untuk Olah Data

Rumus statistik berperan penting dalam pengolahan data karena memberikan insight matematis yang diperlukan untuk menganalisis dan menginterpretasi informasi. Dalam dunia statistik, rumus-rumus ini diperlukan untuk menghitung nilai statistik deskriptif seperti rata-rata, median, dan deviasi standar, yang membantu menjelaskan karakteristik kumpulan data.


Selain itu, rumus-rumus statistik juga digunakan untuk menghitung parameter statistik, seperti koefisien korelasi dan regresi, yang memungkinkan untuk memahami hubungan antara dua atau lebih variabel. Dengan menggunakan rumus-rumus ini, para analis data dapat menggali wawasan yang mendalam dari dataset, mengidentifikasi pola, tren, dan anomali, serta membuat prediksi yang lebih akurat.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Macam-macam Rumus Statistik di Excel

Di Excel, terdapat berbagai macam rumus statistik untuk melakukan analisis data dengan cepat dan akurat. Salah satu rumus yang umum digunakan adalah fungsi AVERAGE, yang menghitung nilai rata-rata dari sekelompok angka. Fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel non-kosong dalam rentang sel tertentu, sementara fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekelompok angka.


Fungsi MIN dan MAX digunakan untuk menemukan nilai minimum dan maksimum dalam rentang data. Selain itu, Excel juga menyediakan fungsi STDEV dan STDEVP untuk menghitung deviasi standar dari sampel dan populasi, serta fungsi MEDIAN untuk menemukan nilai tengah dalam kumpulan data.


Fungsi-fungsi statistik lainnya di Excel termasuk COUNTIF yang dapat digunakan untuk menghitung berapa kali suatu kondisi tertentu terpenuhi dalam rentang sel, dan fungsi CORREL untuk menghitung koefisien korelasi antara dua rentang data. Fungsi FREQUENCY berguna untuk membuat distribusi frekuensi dari data numerik. Kalian juga dapat menggunakan fungsi RANK untuk menentukan peringkat suatu nilai dalam kumpulan data.


3. Skenario Penggunaan Rumus Statistik

Supaya paham penggunaan Excel, perhatikan skenario berikut ini. Misalkan kalian adalah seorang data analyst yang harus mengolah data penjualan bulanan suatu perusahaan. Dalam spreadsheet Excel, kalian memiliki kolom-kolom data yang mencakup informasi penjualan setiap produk, seperti jumlah unit yang terjual dan total pendapatan.

Artificial Intelligence


Dengan menggunakan rumus statistik, seperti AVERAGE, COUNT, dan SUM, kalian dapat dengan cepat menghitung rata-rata penjualan bulanan, menghitung jumlah total produk yang terjual, dan menjumlahkan pendapatan dari penjualan. Selanjutnya, dengan menggunakan fungsi MIN dan MAX, kalian dapat mengidentifikasi produk dengan penjualan terendah dan tertinggi dalam rentang waktu tertentu.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Cara Pakai ChatGPT untuk Rumus Statistik Excel

Pertama, jelaskan dalam prompt kondisi data kalian. Hal ini dikarenakan ChatGPT tidak bisa membaca secara langsung file Excel yang kalian punya. Kalian bisa menggunakan prompt berikut ini untuk mencari rata-rata penjualan.

Artificial Intelligence


Selanjutnya ChatGPT akan memberikan rekomendasi rumus Excel yang sesuai dengan deskripsi di atas. Kalian tinggal copy dan paste rumus tersebut ke Excel.

Artificial Intelligence


Mari kita coba hasil rumus fungsi yang direkomendasikan oleh ChatGPT ke data Excel. Dalam kasus ini, ada sedikit perubahan yang dilakukan. Karena ChatGPT merekomendasikan C2: C7 sedangkan data unit terjual berada pada range D2:D7.

Artificial Intelligence


Lanjutkan dengan mencari jumlah produk terjual. Gunakan contoh prompt berikut ini.

Artificial Intelligence


Mari kita coba hasil rumus fungsi yang direkomendasikan oleh ChatGPT ke data Excel. Dalam kasus ini, ada sedikit perubahan yang dilakukan. Karena ChatGPT merekomendasikan C2: C7 sedangkan data unit terjual berada pada range D2:D7.

Artificial Intelligence


Karena total pendapatan memiliki rumus yang sama yaitu =SUM(), dengan range data pada E2:E7. Kita coba minta bantuan ChatGPT untuk mencarikan produk dengan penjualan tertinggi dan terendah. 

Artificial Intelligence


ChatGPT akan langsung memberikan saran rumus yang sesuai seperti berikut ini.

Artificial Intelligence


Kita cukup copy paste rumus ke Excel. Pada kasus ini, diperlukan penyesuaian tanda “,” menjadi “;” karena versi Excel.

Artificial Intelligence


Wah, ternyata ChatGPT sangat membantu memahami penggunaan fungsi-fungsi Excel, ya. Nah ingin tahu lebih lanjut peran ChatGPT lainnya? Pelajari di DQLab! Di DQLab, tools AI satu ini ternyata sudah diintegrasikan ke modul pembelajaran loh! Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail rumus yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan rumus yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada rumus

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :