Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Tutorial dengan ChatGPT : Buat Rumus Excel jadi Mudah

Belajar Data Science di Rumah 13-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-09-2023-09-13-170036_x_Thumbnail800.jpg

Lahirnya ChatGPT merupakan salah satu bukti bahwa ilmu dan teknologi berkembang dengan begitu pesat. ChatGPT sendiri merupakan model kecerdasan buatan yang sangat berguna untuk memberikan bantuan berupa jawaban dari pertanyaan yang kita ajukan dalam berbagai konteks. ChatGPT hampir mirip dengan Google yang menjadi search engine, hanya saja pada ChatGPT hanya bisa menampilkan jawaban berupa teks.


Salah satu contoh penggunaan yang cukup bermanfaat dari ChatGPT adalah dalam membantu kita belajat mengenai hal-hal baru, termasuk dalam hal pembuatan rumus Excel yang kompleks saat kita sedang belajar menggunakan Excel.


Excel sendiri menjadi salah satu spreadsheet favorit banyak orang. Adanya kemampuan dalam menguasai Excel akan membuat kita setidaknya memiliki satu skill yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana ChatGPT dapat digunakan untuk membantu kita membuat rumus Excel yang efektif. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pemahaman Data yang Lebih Baik

Chat GPT


Saat kita menggunakan bantuan ChatGPT untuk membuat rumus Excel, ChatGPT bisa memberikan saran berdasarkan pemahamannya akan kondisi yang sedang kita hadapi. Dalam hal ini, kita bisa memberikan informasi konteks atau deskripsi tentang data yang akan kitabolah sehingga ChatGPT dapat dengan mudah membantu kita menampilkan rumus yang sesuai.


Misalnya saja, kita ingin mencari rata-rata penjualan dari data penjualan bulanan yang kita miliki, maka kita bisa memberikan konteks seperti, “Saya memiliki data penjualan bulanan dari Januari hingga Desember, bisakah saya mendapatkan nilai rata-rata penjualan tahun ini?”. Nantinya ChatGPT akan memberikan kita langkah-langkah dalam menggunakan rumus AVERAGE yang sesuai untuk bisa menghitung rata-rata penjualan. 


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Kustomisasi Rumus yang Rumit

Chat GPT


Saat kita sedang berurusan dengan rumus Excel yang rumit, ChatGPT bisa dijadikan sebagai sumber bantuan yang diandalkan. Kita bisa memberikan rumus parsial atau deskripsi tentang apa yang ingin kita capai. Setelah itu, ChatGPT akan membantu kita untuk menyelesaikan rumus tersebut.


Contohnya, kita ingin membuat rumus untuk menghitung total penjualan di luar jam kerja berdasarkan waktu dalam data yang kita miliki, maka ChatGPT akan memberikan panduan tentang penggunaan fungsi IF dan TIME.


3. Mengatasi Kesalahan dalam Rumus

Chat GPT

Selain untuk membuat rumus baru, ChatGPT juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan koreksi terhadap kesalahan rumus yang kita gunakan. Kesalahan dalam penggunaan rumus Excel adalah hal yang cukup krusial karena dapat mempengaruhi hasil analisis data kita.


Kita bisa memberikan informasi tentang rumus yang tidak berfungsi dengan benar, dan ChatGPT akan memberikan saran tentang apa yang mungkin salah dan bagaimana memperbaikinya.


4. Pemecahan Masalah Lanjutan

Chat GPT


Di beberapa poin sebelumnya kita sudah membahas tentang basic dari rumus Excel yanh bisa diselesaikan dengan ChatGPT. Namun ternyata, selain bisa memberikan panduan dasar tentang rumus Excel, ChatGPT juga dapat membantu kita untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks.


Misalnya, jika kita perlu menggabungkan beberapa rumus atau menyesuaikan rumus berdasarkan kondisi yang kompleks, maka ChatGPT dapat membantu kita merancang solusi yang lebih canggih.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Dalam menjalankan ChatGPT, perlu diingat bahwa penggunaan teknologi semacam ini tidak sepenuhnya menggantikan keahlian manusia. Namun, dengan memanfaatkan ChatGPT, pengguna dapat meningkatkan produktivitas mereka dalam menggunakan Excel dan menyelesaikan tugas-tugas yang melibatkan rumus-rumus kompleks dengan lebih cepat dan efisien.


Untuk merasakan sensasi belajar Excel dengan ChatGPT, kamu mungkin bisa mencoba untuk membeli modul Excel di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login