Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tutorial Mudah dan Cepat Chat GPT untuk Rumus Excel

Belajar Data Science di Rumah 17-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-09-2023-10-17-164432_x_Thumbnail800.jpg

Chat GPT menggunakan algoritma machine learning yang dibangun di atas sejumlah big data teks untuk menghasilkan respons mirip manusia terhadap natural language query. Dengan kata lain, Chat GPT adalah program artificial intelligence (AI) yang menjawab pertanyaan dengan jawaban yang mudah dipahami.


Chat GPT dapat memberikan rekomendasi, menghasilkan teks, dan bahkan mengadakan percakapan, dan berguna untuk berbagai task seperti menulis coding atau membuat rumus excel.


Saat menggunakan Chat GPT untuk membuat spreadsheet, mulailah dengan yang sederhana dan tambahkan kompleksitas secara step by step. Jika kita merasa bingung dengan jawaban dari Chat GPT, kita bisa meminta sistem untuk menyusun ulang (regenerate) atau menguraikan penjelasannya secara lebih rinci. 


Setelah banyak mencoba, kita akan menemukan bahwa menggunakan Chat GPT untuk membantu pekerjaan dengan spreadsheet adalah hal yang intuitif dan mudah. Jika kamu baru mengenal software ini, DQLab memiliki tips untuk menggunakan Chat GPT untuk membuat rumus excel.


Tips ini dibuat based on pengalaman users yang sudah beberapa kali menggunakan Chat GPT untuk assist pekerjaannya menggunakan excel. Penasaran? Yuk kita simak bersama!


1. Tulis Pertanyaan atau Perintah Secara Tepat

Semakin spesifik pertanyaan kita, maka semakin besar kemungkinan Chat GPT memberi kita jawaban yang akurat. Saat meminta Chat GPT untuk membuat rumus excel, sebutkan sel persis yang ingin kita masukkan ke dalam rumus.


Misalnya, kita ingin meminta chatbot untuk "Membuat rumus Excel untuk menghitung rata-rata nilai di sel B2 hingga B9". Setelah itu, hasilnya akan muncul dan kita bisa langsung menyalin rumusnya di cell excel.


Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Ulangi atau Edit Pertanyaan

Bagaimanapun Chat GPT adalah mesin yang mungkin salah memahami pertanyaan atau memberikan hasil yang tidak akurat. Jika rumus yang dihasilkan oleh Chat GPT tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kita bisa kembali ke chatbot dan minta bot tersebut untuk membuat rumus lagi.


Namun kali ini, coba ulangi pertanyaan kita. Kita juga dapat mengedit pertanyaan yang telah kita kirimkan dengan mengklik ikon "edit" di kanan atas query di interface Chat GPT.

Artificial Intelligence


3. Ask for An Explanation

Chat GPT memiliki fitur berguna lainnya, yaitu kemampuannya untuk menjelaskan cara kerja rumus excel atau google sheets tertentu.


Jika kita telah menyalin spreadsheet dari suatu tempat secara online dan ingin memahami bagaimana nilai tertentu dihasilkan, kita dapat meminta Chat GPT untuk menjelaskannya. Salin rumus dari sel dan tempelkan ke Chat GPT, kemudian AI untuk memandu kita tentang cara kerja rumus tersebut.

Artificial Intelligence


4. Memecahkan Masalah Rumus yang Tidak Berfungsi

Jika kita telah menulis rumus sendiri, dan tampaknya tidak berfungsi, kita dapat menyalin dan menempelkan rumus tersebut ke Chat GPT dan meminta chatbot menjelaskan apa yang salah dengan rumus tersebut.


Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Ingin belajar excel dan didampingi oleh Chat GPT? Yuk belajar dengan modul DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login