PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 22 Jam 6 Menit 52 Detik

Tutorial Rumus Excel WEEKNUM Melalui ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 29-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-09-2024-02-29-203141_x_Thumbnail800.jpg

Di era AI seperti sekarang ini, belajar Excel bisa kamu lakukan dimanapun dan kapanpun tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk ikut kursus dengan biaya yang mahal. Hanya dengan kamu mendapatkan bahan belajar secara online melalui sumber-sumber yang kredibel tentu kamu bisa menguasai Excel dengan baik. Dengan semangat belajar mandiri dan pemanfaatan sumber-sumber tersebut, kamu bisa meningkatkan kemampuan Excelmu tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.


Tapi, bicara soal penguasaan Excel pastinya kamu sebagai pemula penasaran dengan beragamnya fungsi yang bisa digunakan untuk keperluan pekerjaan sehari-hari. Ada banyak data yang bisa kamu gali namun dengan fungsi yang berbeda-beda. Salah satunya yaitu data berupa tanggal maupun waktu.


Data tanggal maupun waktu ini bisa kamu pelajari rumus dan fungsinya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya ketika kamu ingin mencari minggu ke berapa dalam setahun atas tanggal yang diberikan maka kamu bisa menggunakan fungsi WEEKNUM.


Lalu, ketika ada data yang serupa namun untuk mencari hari ke berapa dalam rentang waktu tertentu maka kamu bisa menggunakan fungsi WEEKDAY. Khusus untuk artikel kali ini, DQLab akan membahas tentang fungsi WEEKNUM yang rumusnya kini bisa kamu cari tahu melalui ChatGPT lho! Penasaran enggak nih? Langsung aja kita praktekin yuk!


1. Apa itu Fungsi WEEKNUM pada Excel

Fungsi WEEKNUM adalah salah satu fungsi bawaan Excel yang digunakan untuk menentukan nomor minggu dari suatu tanggal tertentu dalam setahun. Dengan kata lain, fungsi ini mengonversi tanggal menjadi nomor minggu yang sesuai dengan kalender.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Persamaan Umum dalam Fungsi WEEKNUM Excel

Penggunaan fungsi WEEKNUM sangatlah mudah. Format umumnya adalah sebagai berikut:

Artificial Intelligence

Keterangan:

  • tanggal: Merupakan argumen yang berisi tanggal yang ingin kamu konversi menjadi nomor minggu.

  • [jenis] (opsional): Merupakan argumen yang menentukan aturan awal minggu dalam tahun. Nilai yang mungkin adalah 1 atau 2, yang masing-masing mewakili dua jenis aturan berbeda untuk menentukan minggu pertama dalam tahun.


3. Tips Penggunaan WEEKNUM Excel

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika menggunakan fungsi WEEKNUM pada Excel

  • Pastikan Format Tanggal yang Benar: Sebelum menggunakan fungsi WEEKNUM, pastikan format tanggal yang kamu masukkan sesuai dengan format yang dikenali oleh Excel (misalnya, "YYYY-MM-DD" atau "DD/MM/YYYY").

  • Pahami Aturan Awal Minggu: Penting untuk memahami aturan awal minggu yang digunakan dalam perhitungan nomor minggu, terutama jika kamu beroperasi dalam lingkungan yang menggunakan aturan yang berbeda.

  • Kombinasikan dengan Fungsi Lain: Fungsi WEEKNUM dapat dikombinasikan dengan fungsi lain dalam Excel, seperti fungsi IF atau SUMIFS, untuk melakukan analisis yang lebih kompleks.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Contoh Penerapan Rumus WEEKNUM Excel

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh berikut. Misalnya hari ini adalah tanggal 25 Februari 2024. Kita ingin tahu, kira-kira tanggal 25 Februari 2024 ini termasuk ke dalam minggu yang keberapa ya? Mudah sekali caranya. Kamu tinggal ketikkan sesuai dengan persamaan umum di bawah ini.

Artificial Intelligence

Setelah muncul Hasilnya akan menjadi 9, yang menunjukkan bahwa tanggal 25 Februari 2024 berada dalam minggu ke-9 dalam tahun tersebut.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login