PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 5 Jam 31 Menit 3 Detik

Tutorial Rumus LEN Excel dengan ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 24-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-09-2023-10-24-203647_x_Thumbnail800.jpg

Apakah kamu merupakan seorang pemula yang sedang belajar Excel? Jika iya memang ini adalah momen yang tepat. Excel memang menyediakan banyak sekali rumus yang bisa kamu pelajari untuk keperluan pengolahan dan analisis data.


Salah satu rumus yang bisa kamu coba adalah rumus LEN. Rumus ini merupakan rumus yang dapat dipakai untuk menghitung jumlah karakter pada suatu teks. Adapun karakter yang dimaksud disini adalah keseluruhan teks mulai dari jumlah huruf, spasi, hingga tanda baca.


Rumus LEN ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar panjang suatu teks yang memuat berbagai karakter tertentu. Alasannya karena pengolahan data menjadi lebih mudah. Jika kamu bingung soal rumus ini, nggak perlu khawatir.


Kamu bisa mencoba untuk eksekusi rumus ini dengan bantuan AI yaitu ChatGPT. Disini kamu bisa mempelajari sintaks dan contoh contoh dari penggunaan rumus LEN pada Excel. Daripada kamu semakin penasaran mending langsung aja kita praktekkan bareng-bareng yuk!


1. Mengenal Rumus LEN pada Excel

Rumus LEN pada Excel digunakan untuk menghitung jumlah karakter (termasuk huruf, angka, tanda baca, dan spasi) dalam sebuah teks atau rangkaian teks. Berikut adalah cara menggunakan rumus LEN:

Artificial Intelligence

Dimana “teks” mengacu pada teks atau sel yang ingin Anda hitung jumlah karakternya.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner 


2. Kombinasi Rumus LEN dengan SUBSTITUTE

Kombinasi rumus LEN dan SUBSTITUTE di Excel dapat digunakan untuk menghitung jumlah karakter dalam sebuah teks setelah melakukan penggantian teks tertentu dengan teks lain. Hal ini berguna ketika kamu ingin menghitung panjang teks setelah dilakukan substitusi atau penggantian salah satu karakter yang ingin diubah.


Rumus SUBSTITUTE digunakan untuk menggantikan semua kejadian teks tertentu dalam sebuah teks dengan teks lain. Rumus LEN digunakan untuk menghitung panjang teks. Berikut contoh penggunaan kombinasi kedua rumus ini:


Misalkan kamu memiliki teks dalam sel A1 yang berisi kalimat seperti ini:


"Selamat pagi, teman-teman!"


Kamu ingin mengganti kata "pagi" dengan kata "siang" dan pada saat yang sama mengukur panjang teks setelah penggantian. Kamu dapat menggunakan rumus berikut:

Artificial Intelligence


3. Kombinasi Rumus LEN, SUBSTITUTE, dan Instance Number

Untuk mengkombinasikan rumus LEN, SUBSTITUTE, dan penggunaan nomor instance (instance number) di Excel, kamu perlu menggunakan rumus SUBSTITUTE dengan rumus lain seperti FIND atau SEARCH yang memungkinkan kamu menentukan nomor instance yang ingin kamu gantikan.


Ini berguna jika kamu hanya ingin menggantikan instance tertentu dari suatu teks yang mungkin muncul beberapa kali dalam sel. Berikut contoh cara melakukannya:


Misalkan kamu memiliki teks dalam sel A1 yang berisi kalimat seperti ini:


"Selamat pagi, teman-teman! Selamat pagi juga, teman-teman!"


Dan kamu ingin mengganti hanya instance kedua dari kata "pagi" dengan kata "siang" dan pada saat yang sama mengukur panjang teks setelah penggantian. kamu dapat menggunakan rumus berikut:

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Contoh Rumus LEN dengan SUBSTITUTE

Untuk lebih jelas terkait penggunaan rumus LEN, kali ini kita akan memberikan sedikit contoh

Artificial Intelligence


Misalnya ada potongan teks berikut. Kita ingin tahu nih berapakah panjang karakter dari tulisan tersebut. Caranya, kita bisa menggunakan rumus LEN yang dikombinasikan dengan rumus SUBSTITUTE. Berikut adalah sintaksnya:


Tapi sebelum itu, dari potongan teks di atas tadi, kita ingin mengganti atau melakukan substitusi dari kata “pagi” menjadi “malam” sebelum dihitung berapa jumlah karakter yang ada dalam teks di atas. Setelah diganti dan dihitung, ternyata hasilnya menjadi 58

Artificial Intelligence


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” .


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar bersama Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login