TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 0 Jam 55 Menit 29 Detik

Yuk, Belajar Coding Menggunakan AI Chat GPT!

Belajar Data Science di Rumah 16-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-09-2024-01-16-130850_x_Thumbnail800.jpg

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan merupakan suatu program komputer yang dirancang agar dapat meniru kecerdasan manusia. Saat ini AI telah banyak digunakan untuk berbagai aplikasi. Beberapa contohnya antara lain seperti search engine, asisten virtual, keyboard virtual, filter instagram, GPS navigation, Chat GPT, dan lainnya. Berbicara terkait Chat GPT, bagaimana cara menggunakan Chat GPT untuk coding.  Untuk lebih lengkapnya akan dibahas di artikel berikut ini.


Artificial intelligence saat ini bukanlah hal asing yang bisa dijumpai. Seiring perkembangan zaman saat ini berbagai bidang tentu sudah menerapkan perkembangan teknologi seperti artificial intelligence, seperti dalam bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang ketahanan pangan, bidang reformasi dan birokrasi, dan lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali terkait Chat GPT yang bisa digunakkan untuk beberapa hal seperti proses coding.


1. Pengertian Coding

Coding atau pengkodean merupakan suatu proses pengolahan kode yang dituliskan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Proses coding ini sebagai cara untuk berkomunikasi dengan komputer.


Bagi programmer ataupun praktisi data, belajar coding merupakan bagian penting untuk dapat mempermudah menyelesaikan permasalahan. Saat ini pun telah banyak jenis bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk belajar coding yang mudah bagi pemula.

Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Langkah Belajar Coding

Belajar coding merupakan suatu hal yang perlu dipelajari dan dikuasai di masa kini. Untuk lebih memahaminya, terdapat beberapa langkah mudah atau tips untuk belajar coding terutama bagi para pemula. Berikut langkah-langkahnya:

  • mempelajari konsep dasar coding

  • memilih bahasa pemrograman

  • membaca dokumentasi bahasa pemrograman

  • mempelajari dan menggunakan text editor

  • melakukan praktik dan latihan

  • bergabung dalam komunitas, dan

  • mengembangkan kemampuan coding

Artificial Intelligence


3. Keunggulan Chat GPT

Chat GPT memiliki beberapa keunggulan yang bisa dimiliki. Beberapa keunggulannya adalah sebagai berikut:

  • fast respon atau merespon dengan cepat, hal ini tentunya disenangi oleh pengguna karena dapat menjawab pertanyaan dalam hitungan detik

  • menggunakan bahasa yang natural dan mudah dipahami

  • dapat mendeteksi pesan suara, namun fitur ini hanya tersedia untuk pengguna tertentu

  • mampu menyaring permintaan negatif, dengan kata lain dapat menyeleksi permintaan yang sekiranya kurang pantas

Artificial Intelligence


4. Cara Coding menggunakan ChatGPT

Tahukah kalian bahwa ChatGPT tidak hanya bisa digunakan untuk sesi tanya jawab saja loh, ChatGPT juga bisa digunakan untuk berbagai hal seperti coding. Jika kalian masih bingung cara menggunakan coding menggunakan ChatGPT, kalian juga bisa bertanya terlebih dahulu kepada ChatGPT loh. Seperti contoh yang ditampilkan di gambar berikut ini

Artificial Intelligence


Pada contoh di atas adalah cara coding menggunakan ChatGPT dengan bahasa pemrograman python. Untuk lebih lanjutnya kalian bisa coba sendiri dengan mengunjungi chat.openai.com.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Proses coding adalah salah satu hal yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh calon praktisi data. Dasar-dasar coding dengan menggunakan bahasa pemrograman dapat dipelajari di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikutiBootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :